FOTO: 'Drama' Boyong Kepala di Show Gucci Milan Fashion Week

AFP, CNN Indonesia | Jumat, 23/02/2018 13:30 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Ada yang unik dalam peragaan Gucci di Milan Fashion Week, para model membawa replika kepala mereka sendiri di tangannya.

Dua model Gucci menampilkan koleksi Fall 2018 di Milan. Model ini ditata oleh sutradara kreatif Alessandro Michele dengan membawa replika kepala mereka sendiri yang terlihat begitu nyata.  (AFP PHOTO / Filippo MONTEFORTE)
Model pria bernama Hoogedijk dan model wanita Unia Pahomava mendapatkan kesempatan untuk tampil menyeramkan. Penampilan kedua model ini menjadi ramai di media sosial, banyak orang yang menjadikan lelucon. (AFP PHOTO / Filippo MONTEFORTE)
Lady Gaga telah melakukan penampilan seperti model Gucci ini di X Factor tahun 2011. Karakter Gibby diacara Nickelodeon iCarly juga membawa replika kepalanya sendiri.  (AFP PHOTO / Filippo MONTEFORTE)
Tema orang yang membawa kepala mereka sendiri juga muncul dalam beberapa karya seni terutama yang bersifat religi. 'Cephalophore' merupakan kata Yunani untuk menggambarkan 'pembawa kepala' salah satu tokoh yang menonjol adalah Saint Denis. (AFP PHOTO / Filippo MONTEFORTE)
Menurut Michale model yang membawa replika kepalanya sendiri tidak ada hubungannya dengan agama. Ia terinsipirasi dari Donna Haraway's 1984, Cyborg Manifesto 1984. Untuk replika ia bekerjasama dengan pengrajin Makinarium yang berbasis di Roma.(AFP PHOTO / Filippo MONTEFORTE)
Dibutuhkan waktu enam bulan untuk membuat replika kepala tersebut sehingga mendapatkan bentuk 3D. Replika kepala yang digunakan Gucci dalam pameran koleksinya tersebut telah menjadi viral karena tantangan dari Eva Chen dan banyak orang telah membuat lelucon. (AFP PHOTO / Filippo MONTEFORTE)
Gucci juga menampilkan berbagai potongan busana yang tak biasa, termasuk scarf persegi yang dipadupadankan mirip hijab. (AFP PHOTO / Filippo MONTEFORTE)
Fashion Editor Eva Chen menciptakan kembali tampilan model Gucci tersebut dan membagikan tantangan ini kepada setiap orang. Ia berjanji menyumbangkan US$1 ke Everytown untuk setiap orang yang mengikutinya. (AFP PHOTO / Filippo MONTEFORTE)