Rekomendasi Kuliner

Rekomendasi Makan Enak di Sekitar Kuta

Dhio Faiz, CNN Indonesia | Minggu, 26/08/2018 11:01 WIB
Rekomendasi Makan Enak di Sekitar Kuta (CNN Indonesia/Dhio Faiz)
Bali, CNN Indonesia -- Pantai Kuta memang jadi salah satu destinasi wisata andalan di Pulau Bali. Ombak besar untuk berselancar, matahari yang bersinar sepanjang tahun, dan indahnya pemandangan matahari terbenam alias sunset jadi daya tarik Pantai Kuta.


Selain jadi tempat untuk mencuci mata dengan pemandangan alamnya, ternyata Kuta juga punya segudang tempat kuliner yang mampu memanjakan perut Anda.

Saat berwisata, Anda pasti tak bisa melupakan senangnya berburu aneka restoran dengan makanan yang lezat.



Berikut adalah empat tempat wisata kuliner yang wajib Anda datangi jika berkunjung ke Kuta, Bali.

1. Poppies Restaurant

Tempat makan yang terletak di Jalan Legian, Kuta, Bali ini jadi tempat yang cocok untuk bersantai sembari mengisi perut usai bermain di pantai atau wisata belanja.

Restoran ini terletak sekitar 300 meter dari Pantai Kuta dan sekitar 200 meter dari Pasar Kuta. Poppies Restaurant buka mulai 08.00 hingga 23.00 WITA.

Restoran ini mengusung konsep al fresco di taman. Pengunjung bakal menyantap kuliner di meja-meja di tengah taman.

Foto: CNN Indonesia/Dhio Faiz

Namun tak perlu takut kepanasan, pepohonan rindang bertumbuhan di sekitar restoran.

Menu makanan andalan mereka adalah seafood kebabs. Potongan-potongan udang, ikan, jamur, dan panganan laut lain dirangkai dalam tusukan sate besar. Tak lupa ditemani kentang goreng, sayuran, dan saus sambal.

Seafood kebabs disajikan di atas bara api yang menyala. Sehingga makanan ini masih hangat saat sampai di meja pengunjung. Bentuknya pun cantik nan instagrammable.

Saat disantap, daging terasa segar dan berkualitas baik. Rasa gurih dan renyah hasil pengasapan begitu terasa.

Porsi yang besar membuat seafood kebabs cocok disantap bersama keluarga dan kerabat. Makanan ini dibanderol Rp125 ribu per porsi.

Untuk urusan minuman, Poppies Restaurant menjagokan Poppies Pina Colada seharga Rp145 ribu.

Minuman ini adalah perpaduan dari santan dan jus nanas. Rasa segar tercipta dari paduan manis kelapa dan asam nanas.

Minuman ini disajikan di batok kelapa yang telah diukir menyerupai sosok Barong dalam legenda Bali.

2. Made's Warung

Sekitar 50 meter dari Poppies Restaurant, ada tempat makan legendaris di Kuta, Bali, bernama Made's Warung.

Warung yang berdiri sejak 1969 ini menjajakan makanan tradisional Bali. Warung ini buka 10.00 hingga 24.00 WITA.

Foto: CNN Indonesia/Dhio Faiz


Tempat kuliner di Jalan Pantai Kuta ini jadi lapak pertama Made's Warung. Interior yang khas tradisional Bali masih dipertahankan hingga kini.

Menu makanan andalan mereka adalah nasi campur ayam betutu. Seporsi dihargai Rp90 ribu.

Dalam satu piring, kita akan disajikan nasi, ayam betutu, lawar, sate ayam, dan kacang panjang kalasan. Tak lupa ada sambal matah dan kuah soto sebagai penambah selera.

Sayangnya, menurut saya ayam betutu yang disajikan porsinya tak begitu besar. Buat saya rasanya cenderung manis layaknya opor.

Kacang panjang kalasan perlu diacungi jempol. Bumbu rempah khas Bali yang asin gurih begitu teras di lidah. Tekstur yang setengah matang juga sangat tepat membuat kacang panjang jadi renyah.

Untuk minuman, Made's Warung menyajikan Iced Ginger Sereh. Minuman rempah ini dihargai Rp18 ribu per gelas.

Sejujurnya saya begitu kecewa dengan minuman ini. Pasalnya saya mengira minuman ini akan wangi dan memiliki rasa jahe yang kuat.

Namun nyatanya rasanya hambar. Minuman ini mirip seperti infused water. Jahe dan sereh hanya direndam dan tak banyak memengaruhi rasa.

3. Hard Rock Cafe

Tempat kuliner selanjutnya adalah Hard Rock Cafe. Kafe ini terletak di Jalan Pantai Kuta, tepat di seberang Pantai Kuta.

Tempat ini sebenarnya sangat strategis untuk mengunyah kudapan sembari menatap sunset. Hard Rock Cafe punya dua balkon yang menghadap Pantai Kuta.

Sayangnya pemandangan matahari terbenam dihalangi pohon kelapa yang menjulang.

Foto: CNN Indonesia/Dhio Faiz

Menu di kafe itu bertema musik rock. Misalnya menu andalan mereka, rockin' wings yang dibanderol Rp179 ribu.

Menu ini berisi potong sayap ayam. Rockin' wings punya tiga varian rasa, yaitu asam manis, asam pedas, dan pedas manis.

Saya memilih pedas manis untuk menemani sore hari di Pulau Dewata. Dagingnya terasa empuk. Sayangnya, masih ada rasa asam yang timbul dari sausnya. Tapi masih enak untuk disantap.

Porsi yang disajikan cukup banyak. Belasan sayap ayam cocok dimakan bersama kerabat.

Untuk soal minuman, Hard Rock Cafe Bali memiliki tiga andalan. Pertama tears of the dragon yang merupakan perpaduan vodka dan buah naga.

Lalu ada starship sailor yang merupakan campuran belimbing dan vodka. Kemudian ada jack fruit colada campuran rum kelapa dan pina colada.

Namun saya tidak memilih ketiganya, saya memilih manggo berry cooler. Jus campuran mangga, strawberi, nanas, dan jeruk ini disajikan tanpa alkohol.
Rasa asam manis minuman ini sesuai untuk menemani rockin' wings. Minuman ini dihargai Rp129 ribu.

4. Jamie's Italian

Tempat kuliner dekat Pantai Kuta terakhir yang wajib dikunjungi adalah Jamie's Italian. Restoran ini adalah milik koki kenamaan asal Inggris James Oliver.

Restoran yang terletak di samping Hard Rock Hotel Bali ini menyuguhkan menu-menu khas Italia. Tak lupa, bahan organik jadi unggulan restoran ini.

Foto: CNN Indonesia/Dhio Faiz


Jamie sendiri terkenal sebagai ahli masakan Italia dari bahan organik. Pria Inggris itu belajar memasak dari Gennaro Contaldo.

Baik menu dan bahan baku di restoran ini memiliki standar yang ditentukan langsung oleh Jamie. Meski begitu, ia belum pernah mengunjungi waralabanya di Bali.

Banyak menu andalan di sini. Tapi saya memilih garlic bread sebagai pembuka.

Garlic bread di sini agak berbeda. Teksturnya tidak terlalu kering, tidak juga terlalu lembut. Rasa rempahnya juga kuat, tapi tetap gurih dinikmati.
Untuk menu utama, saya mencicipi tiga sajian. Pertama adalah herby lamb leg steak.


Steak kambing muda ini memiliki tekstur daging yang lembut. Daging itu diolah dengan dipanggang dan disajikan bersama bawang bombay. Pengolahan yang baik membuat tak ada bau perengus yang tercium.

Lalu ada fungi misti pizza. Memang pizza jadi makanan Italia yang umum di Indonesia. Namun menyantap makanan Italia dengan standar Italia tak ada salahnya.
Pizza ini memiliki topping jamur, keju mozarella, dan lada hitam. Pizza ala Jamie tak terlalu tebal, tapi tetap renyah di luar dan empuk di dalam.

Lalu menu utama yang buat saya spesial adalah Jamie's Mie Goreng. Menu ini murni interpretasi Jamie terhadap mie goreng khas Indonesia.

Mie goreng ala Jamie disajikan dengan telur mata sapi dan potongan jamur serta udang. Rasa asin gurih khas Indonesia masih melekat di sajian ini.

Terakhir, saya memilig chocolate fudge sundae. Es krim yang disajikan di atas mangkuk ini menyajikan rasa manis yang pas sebagai penutup.

Es krim cokelat disajikan dengan saus cokelat. Lalu ditaburi semacam pop corn yang menambah dimensi kerenyahan es krim itu. (chs)