Tur Menjadi Astronot di Rusia

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Selasa, 04/09/2018 22:09 WIB
Tur Menjadi Astronot di Rusia Ilustrasi. (Foto: Maxim Zmeyev)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jika mengaku sebagai fans berat hal-hal 'berbau' luar angkasa, ada kabar gembira yang semestinya tidak dilewatkan. Tur menjadi astronot di Moskow, Rusia selama 10 hari akan dibuka pada bulan Oktober 2018.

Program ini terbatas untuk 16 orang saja, nantinya orang-orang terpilih akan mengikuti 'pendidikan' secara intim dari Russian Space Program.

Titik pertama dalam rangkaian tur ini adalah pusat pelatihan astronot Yuri Gagarin di Moskow. Tempat ini layaknya kawah candradimuka bagi para astronot di Rusia sebelum melangkah ke tahap selanjutnya.


Di tempat ini, para peserta akan mendengar kisah-kisah para astronot dan memulai latihan layaknya astronot.

Tentu saja salah satu menu latihannya adalah berada di dalam ruangan tanpa gravitasi, sehingga bisa merasakan suasana layaknya di luar angkasa.

Setelah itu, para peserta akan diarahkan ke Kazakhtan di hari keempat sampai ketujuh untuk melihat lokasi peluncuran pesawat luar angkasa milik Rusia.

Di tepat ini peserta dipersilakan mengeksplorasi tempat ini bersama dengan para astronot sesungguhnya, media, hingga militer.

Setelah sesi tersebut, peserta tur akan kembali ke Moskow pada hari kedelapan sampai kesepuluh untuk berziarah ke makam beberapa astronot tersohor di Rusia seperti Nikita Khruschchev dan Anton Chekhov.

Selain itu kunjungan ini juga akan meliputi museum luar angkasa dan beberapa lokasi sisa peninggalan perang dunia kedua di Poklonnaya Gora dan Victory Park.

Tur ini akan ditutup dengan makan malam bersama sebelum akhirnya berpisah.

Untuk mengikuti tur ini, diperlukan biaya sebesar US$14,495 (sekitar Rp216 juta) per orang, biaya ini belum termasuk biaya transportasi dari kota asal menuju Moskow.

(agr/ard)