Menghindari Kemalingan dalam Perjalanan Udara

Tim , CNN Indonesia | Kamis, 27/09/2018 18:08 WIB
Menghindari Kemalingan dalam Perjalanan Udara Ilustrasi. (Foto: ANTARA FOTO/Umarul Faruq)
Jakarta, CNN Indonesia -- Suasana bandar udara (bandara) yang ramai, kerap membuat calon penumpang merasa khawatir akan kehilangan barang. Tak heran banyak penumpang yang langsung check in untuk memasukkan barang bawaannya ke bagasi pesawat.

Setelah barang bawaan di masukkan ke bagasi, kekhawatiran akan kehilangan barang berharga di sela-sela keramaian bandara seolah sirna.

Sayangnya, kenyataan tak semulus perkiraan. Kelengahan penumpang dalam kabin, justru menjadi celah baru bagi para 'pencopet' yang mengudara.

Seorang penumpang pesawat Malaysia Airlines MH 751, Faiz Mokhtar, dari Ho Chi Minh ke Kuala Lumpur melaporkan aksi kemalingan di kabin kelas bisnis.



Insiden ini dibagikan ke khalayak umum melalui akun Facebook milik korban.

Untungnya rekan bisnis korban berhasil menangkap basah aksi tersebut, sebelum barang-barang berhasil dibawa kabur. Saat itu ia melihat seorang penumpang membawa tas yang dicurigai adalah milik korban.

"Rekan bisnis saya menyuruh saya untuk memeriksa bawaan di bagasi kabin, dan benar saja tas saya sudah hilang," ujar Faiz, seperti yang dikutip dari Travel Wire Asia, Kamis (27/9).

"Saya langsung menghampiri kursi pelaku ketika ia sedang merogoh ke dalam tas dan tangan kirinya memegang sejumlah mata uang asing milik saya yang tentunya ingin dicuri. Kami langsung melaporkan hal tersebut kepada awak kabin."


Walaupun jarang didapati, aksi pencurian ini umumnya ditargetkan kepada penumpang yang tertidur dalam perjalanan atau lengah akan barang bawaan.

Rupanya, menurut kesaksian pramugari penerbangan, sindikat modus pencurian di dalam penerbangan tak hanya menjumpai Malaysia, namun juga China, Hong Kong, dan Vietnam.

Fariz merupakan salah satu penumpang yang beruntung, karena pada umumnya korban baru menyadari insiden tersebut setelah barang-barang berhasil diboyong pelaku.

Agar terhindar dari insiden kemalingan ketika melakukan perjalanan udara, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:
  1. Jangan menyimpan sejumlah besar uang atau dokumen penting di bagasi kabin.
  2. Jangan menyimpan koper bawaan di bagasi kabin, tapi simpanlah koper di dekat Anda.
  3. Gunakan kunci pengaman pada setiap koper, agar terhindar dari bahaya pencurian.
  4. Sebelum turun dari pesawat, pastikan barang bawaan lengkap dan tak ada yang hilang.
(fey/agr)