Koki Balkan Pecahkan Rekor Dunia Buat Pancake Terbanyak

CNN Indonesia | Selasa, 30/10/2018 09:31 WIB
Koki Balkan Pecahkan Rekor Dunia Buat Pancake Terbanyak ilustrasi (Istockphoto/Kirin_photo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekelompok koki Balkan atau negara di Eropa bagian tenggara berhasil memecahkan rekor dunia membuat pancake atau panekuk terbanyak di dunia. 

Sebanyak 140 juru masak yang berasal dari Bosnia, Serbia, Makedonia, Montenegro, dan Slovenia itu memacu kecepatan membuat panekuk dengan memasaknya di dapur terbuka.

Keterampilan memasak mereka juga dinilai oleh 15 juri dari Guinness World Records.



Para koki itu sukses membuat 14.186 pancake dalam kurun waktu delapan jam saja saat pameran turis di Sarajevo, Bosnia-Herzegovina, akhir pekan lalu. Seperti diberitakan Reuters, untuk membuat 14 ribu panekuk itu, dibutuhkan 300 liter minyak, 600 kg tepung dan 400 liter susu. 

Pancake ini dibagikan ke para pengunjung yang sudah rela menunggu panekuk matang dan dihitung terlebih dahulu untuk masuk dalam rekor dunia. Para pengunjung tampak kegirangan saat mencicipi pancake hasil rekor dunia ini. Sebagian pancake juga diberikan kepada relawan dan kelompok rentan, misalnya lanjut usia.

Usaha koki Balkan membuat pancake ini berhak mendapatkan rekor dunia dengan mencatatkan nama mereka di Guinness World Records. 

Koki Balkan ini merebut rekor dunia milik sekelompok koki di Moskow, Rusia yang dicatatkan tahun lalu. Saat itu, mereka berhasil membuat 12.716 pancake


Panekuk merupakan panganan dadar sederhana yang terbuat dari tepung terigu, gula dan telur. Beberapa mengganti gula dengan susu, seperti yang dilakukan para Koki Balkan ini. 

Pancake dibuat dengan cara menggoreng adonan pada wajan datar. Saat sudah matang, panekuk biasanya dilipat atau digulung lalu disantap dengan selai. Tambahan es krim dan buah sesuai selera juga bisa memperkaya rasa panekuk. (ptj/chs)