Chicken Nugget Tanpa Daging Ayam 'Asli' Siap Dijual

CNN Indonesia | Senin, 29/10/2018 08:39 WIB
Chicken Nugget Tanpa Daging Ayam 'Asli' Siap Dijual Ilustrasi chicken nugget (Evan-Amos)
Jakarta, CNN Indonesia -- Chicken nugget merupakan makanan olahan yang terbuat dari daging ayam yang digiling halus. Tapi, apa jadinya jika chicken nugget dibuat tanpa mengambil daging ayam 'asli'?

Chicken nugget yang dibuat tanpa 'membunuh' ayam bakal siap terjadi di piring Anda dalam waktu dekat. Alih-alih membunuh unggas, ayam nugget itu dibuat dengan cara membudidayakan sampel jaringan ayam.

Inovasi ini dibuat oleh Just, perusahaan Amerika Serikat yang dulunya dikenal dengan nama Hampton Creek. Perusahaan itu baru saja mengumumkan chicken nugget tanpa membunuh ayam bakal beredar di pasaran pada akhir 2018 ini.



Juru Bicara Just, Andrew Noyes, menyebut bahwa pengambilan sampel jaringan pada ayam itu bahkan tidak menimbulkan rasa sakit.

"Hanya biopsi kecil dan tidak berbahaya," kata Moyes dilansir dari Foodbeast.

Sel hasil biopsi itu lalu dikembangkan untuk tumbuh menjadi daging ayam yang bakal dibuat menjadi nugget. Waktu yang dibutuhkan bahkan hanya dalam beberapa pekan saja.

Saat ini, tim Just sedang bekerja untuk meningkatkan efisiensi produksi. Mereka juga menciptakan media bebas serum yang merupakan tantangan terbesar dalam produksi sampel jaringan ayam itu.


Hanya saja, pemasaran chicken nugget ini masih terkendala peraturan di beberapa negara, termasuk negara asalnya, AS. Food and Drug Administration AS belum memberikan izin peredaran daging ayam hasil perkembangan sampel jaringan ini.

Masih belum diketahui secara pasti hasil dan rasa dari budidaya sampel jaringan daging ayam ini. Efeknya terhadap kesehatan pun juga belum diteliti lebih lanjut. (ptj/asr)