Menjelajahi 7 Terowongan Rahasia di Inggris

CNN Indonesia | Selasa, 22/01/2019 12:05 WIB
Menjelajahi 7 Terowongan Rahasia di Inggris Ilustrasi terowongan. (Foto: REUTERS/Zohra Bensemra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebagai sebuah negara, Inggris termasuk salah satu yang memiliki usia dan peradaban yang cukup tua. Negara yang baru saja memutuskan untuk keluar dari Uni Eropa ini tak hanya 'mengoleksi' kastel atau hal-hal mewah beraroma kerajaan, namun juga terowongan rahasia.

Tidak banyak orang yang tahu, jika Inggris memiliki beberapa terowongan rahasia. Beberapa diantaranya sudah dibuka untuk umum dan menjadi destinasi wisata.

Namun ada beberapa terowongan yang tidak  boleh dikunjungi oleh wisatawan karena alasan keamanan atau privasi, seperti terowongan yang berada di bawah rumah mewah Sir William Chambers, dan terowongan di bawah kota London.


Mengutip telegraph, berikut adalah 7 terowongan rahasia yang boleh dimasuki oleh wisatawan di Inggris.

Terowongan Ripley

Sebuah terowongan di Greenwich diciptakan oleh Thomas Ripley untuk akses para veteran angkatan laut menuju tempat bersantai. Kabar baiknya, tidak perlu biaya apapun jika ingin menikmati terowongan ini.

Terowongan di Rumah Traquair

Pada era anti Katolik di Inggris abad ke-17, keluarga Traquair kerap 'menyelundupkan' pastur ke kediamannya agar bisa mengajari anak-anak mereka tentang ilmu agama. Terowongan ini menjadi bukti keberanian keluarga Traquair dalam menentang zaman.

Untuk bisa masuk ke dalam terowongan ini diperlukan biaya sebesar 8,5 Poundsterling (sekitar Rp155 ribu).

[Gambas:Instagram]

Terowongan Kanal Dudley

Kanal Dudley, yang terletak di bawah kastel Hill, adalah jalur penghubung yang memudahkan para pekerja saat itu untuk ke tempat kerjanya. Sampai saat ini, satu-satunya cara untuk melewati terowongan tersebut adalah dengan naik perahu.

Biaya yang diperlukan untuk masuk ke dalam terowongan ini selama 45 menit, saat musim padat wisatawan (Maret-Oktober), dengan perahu adalah 15,3 Poundsterling (sekitar Rp279 ribu) per orang



Terowongan Alami Aberglasney

Sebuah taman bernama Aberglasney yang terletak di Llangathen, memiliki kawanan pohon tua berukuran raksasa yang ranting dan batangnya menggumpal sehingga membentuk terowongan. Hal ini membuat banyak orang penasaran untuk merasakan berjalan di bawahnya.

Terowongan ini bisa diakses dengan gratis oleh siapa saja yang usianya di bawah 16 tahun, namun untuk yang sudah di atas 16 tahun maka dikenakan biaya sebesar 8,5 Poundsterling (sekitar Rp155 ribu).

Terowongan Kastel Dover

Dalam peristiwa evakuasi Dunkirk, tepat di sebuah operasi yang diberinama Dynamo, terowongan ini adalah unsur yang sangat vital. Bahkan terowongan ini memiliki jalur yang bisa terhubung dengan sebuah bagian yang pernah dikunjungi oleh Wiston Churchill.

Untuk bisa menikmati terowongan ini, pengunjung dewasa dibebankan tiket seharga 13,2 Poundsterling (sekitar Rp241 ribu).

Terowongan Margate Shell Grotto

Terowongan yang dibuat pada tahun 1835 ini, nampaknya satu-satunya terowongan yang cukup membuat jantung berdegup kencang sekaligus hati terpana karena keindahan ukirannya.

Tiket masuk ke dalam terowongan ini hanya 4,5 Poundsterling (sekitar Rp82 ribu) untuk orang dewasa.



Terowongan Queensway Mersey

Terwongan yang dibuka oleh Raja George V dan Ratu Marry, pada tahun 1934 ini sempat disaksikan oleh lebih dari 200 ribu orang. Saat ini terowongan ewah ini tetaplah menarik minat jutaan pengunjung.

Sayangnya untuk bisa merasakan berjalan di terowongan ini, para wisatawan harus mendaftarkan nama terlebihdahulu agar bisa masuk dalam rombongan.

(ard)