Posisi Seks Terbaik untuk Bakar Kalori

CNN Indonesia | Kamis, 07/03/2019 04:47 WIB
Posisi Seks Terbaik untuk Bakar Kalori Ilustrasi. (Foto: AFP PHOTO / Behrouz MEHRI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. Pepatah ini tampaknya tepat untuk aktivitas seks. Hubungan dengan pasangan semakin intim plus olahraga tanpa harus mengambil kelas di gym.

Sudah sejak lama bercinta terbukti membakar kalori. Selama 30 menit bercinta, sebanyak 144 kalori terbakar. Ini setara dengan 20 menit bersepeda. Namun daripada bersepeda, tentu pilihan jatuh pada hubungan intim.

Untuk memaksimalkan proses pembakaran kalori, maka ini perlu didukung dengan posisi seks yang sesuai. Yang perlu diingat, pasangan perlu menemukan posisi seks yang nyaman untuk kedua belah pihak.


1. Cowgirl

Posisi ini mengharuskan wanita berada di atas sedangkan pria cukup berbaring. Cowgirl tak akan membakar kalori si pria melainkan pasangannya. Hanya dalam 30 menit, sebanyak 122 kalori bisa terbakar. Selain kalori bisa terbakar, posisi cowgirl akan menguatkan bokong, perut bagian dalam dan core (pusat).

Jika ingin lebih banyak kalori yang terbakar, personal trainer Charlene Ciardiello menyarankan wanita untuk mengambil posisi squat.



"Tambahkan gerakan pinggang ke atas dan ke bawah. Ini akan membakar 172 kalori." kata dia seperti yang dikutip dari The Cut.

2. Reverse cowgirl

Mirip dengan cowgirl, posisi reverse cowgirl tetap membuat si wanita berada di atas tetapi membelakangi pasangannya. Mengutip Betches, jika gerakan dilakukan dengan usaha maksimal maka kalori yang terbakar mencapai 210 kalori.

3. Standing

Standing sangat memungkinkan jika pria bisa menanggung berat badan pasangannya. Namun personal trainer Cassie White menjelaskan posisi ini tak selalu berdiri sepenuhnya dengan menggendong pasangan. Bisa juga dengan membiarkan kaki pasangan bersandar pada pundak pria.

Posisi seperti ini akan membakar sebanyak 165 kalori per 30 menit. Sedangkan pria akan membakar 220 kalori.



4. Missionary

Tergolong sebagai 'vanilla sex' alias seks yang lembut dan aman, posisi missionary rupanya juga menawarkan proses pembakaran kalori cukup besar. Ciardiello memberikan estimasi sebanyak 143 kalori pria akan terbakar dengan posisi ini. Sedangkan wanita hanya akan membakar sebanyak 44 kalori.

"(Missionary) menuntut banyak gerakan pinggang, stabilitas core dan gerakan tubuh bagian atas," ujarnya.

Untuk wanita yang ingin meningkatkan kalori yang terbakar, ia menyarankan untuk turut menggerakkan pinggang 'melawan' gerakan pria. Tambahkan erangan untuk kalori ekstra, lanjutnya.

5. Doggy style

Posisi yang cukup 'liar' seperti doggy style patut dijajal karena kalori yang terbakar cukup seimbang untuk kedua belah pihak. Kalori pria bisa terbakar hingga 151 kalori. Bahkan untuk gerakan yang lebih intens, proses pembakaran bisa mencapai 211 kalori. Wanita jika hanya menungging akan membakar 98 kalori.



Akan tetapi, kalori wanita bisa lebih banyak terbakar jika ia berpegangan pada tembok. Pundak, biseps dan triseps akan semakin kuat serta kalori bisa terbakar hingga 118 kalori.

6. Spooning

Sama-sama malas untuk melakukan gerakan yang intens? Posisi spooning cocok diaplikasikan. Namun bukan berarti posisi ini sama sekali tak membakar kalori.

Wanita bisa membakar 103 kalori sedangkan pria bisa membakar sekitar 113 kalori. Hanya dengan mengambil posisi di kasur bersebelahan, bagian core bisa semakin kuat. Ciardiello menyarankan untuk mempercepat tempo gerakan pinggang untuk menambah ketahanan otot dan lebih banyak kalori yang terbakar.

[Gambas:Video CNN] (els/agr)