Banyak Orang Tak Siap saat Pertama Kali Berhubungan Seks

CNN Indonesia | Rabu, 16/01/2019 00:34 WIB
Banyak Orang Tak Siap saat Pertama Kali Berhubungan Seks Ilustrasi seks (Istockphoto/Denisfilm)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hubungan seksual sudah semestinya dilakukan dengan penuh kesiapan, baik fisik ataupun mental dari kedua pasangan. Namun, nyatanya tak banyak orang yang siap saat melakukan hubungan seks untuk pertama kalinya.

Penelitian teranyar menunjukkan, tak banyak orang yang merasa siap dan melakukan hubungan seks di waktu yang tepat.

Studi yang dipublikasikan di BMJ Sexual & Reproductive Health ini mengungkapkan, 4 dari 10 wanita atau sekitar 40 persen dan 1 dari 4 pria atau 26,5 persen merasa melakukan berhubungan seks pertama kali di waktu yang tidak tepat. Kebanyakan dari orang-orang ini merasa mereka tidak benar-benar siap untuk berhubungan seks saat itu.


Mengutip Metro, hasil ini didapat setelah peneliti melakukan survei pada 2.825 orang di Inggris yang memiliki pengalaman seksual antara usia 17-24 tahun.

Para partisipan ditanyai beberapa pertanyaan meliputi apakah mereka dan pasangannya sama-sama tertarik untuk melakukan hubungan intim, apakah keputusan itu hanya milik sendiri, apakah menggunakan kontrasepsi, dan apakah mereka merasa siap saat memulai hubungan seks.

Hubungan seks pada saat yang tepat, pada penelitian ini, didefinisikan sebagai hubungan yang memenuhi persyaratan seperti memiliki persetujuan, kemauan sendiri, menggunakan kontrasepsi, dan kesiapan.

Sebanyak 40 persen wanita dan 26,5 persen pria tidak memenuhi keempat persyaratan hubungan seks yang tepat itu.

Penelitian ini juga menemukan bahwa satu dari lima wanita mengatakan, mereka dan pasangan sebenarnya tidak memiliki keinginan yang sama untuk melakukan hubungan seks pertama kali. Mayoritas mereka juga tidak terlibat dalam pengambilan keputusan. 1 dari 10 orang juga tidak menggunakan kontrasepsi saat kehilangan keperawanan mereka. (ptj/asr)