FOTO: Gereja Notre Dame Sebelum Dilalap Api

AFP Photo, CNN Indonesia | Selasa, 16/04/2019 17:02 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Gereja Notre Dame telah berdiri selama 800 tahun. Sejarahnya tetap dikenang meski telah hangus terbakar pada Senin (15/4).

Rupa Gereja Katerdal Notre Dame di Paris, Prancis, sebelum hangus terbakar pada Senin (15/4) waktu setempat. (Ludovic MARIN / AFP)
Gereja Katedral Notre Dame bukan hanya sekadar tempat peribadatan, atau pun saksi Perang Dunia I dan II, namun bangunan berarsitektur gothic tersebut adalah ikon permata arsitektur dan budaya peradaban Barat. (STEPHANE DE SAKUTIN / AFP)
Bangunan yang dibangun pada 1163-1345 ini berdiri menjulang dan disebut ahli seni sebagai
Penyebab kebakaran masih belum diketahui, namun media lokal mengutip pihak pemadam kebakaran bahwa sumber insiden diduga terkait dengan proyek renovasi gereja tersebut. (Thomas SAMSON / AFP)
Beberapa waktu terakhir, Notre Dame memang dalam proyek renovasi menara bernilai US$6,8 juta atau Rp95 miliar yang menggunakan 250 ton timah. (PATRICK KOVARIK / AFP)
Konstruksi bangunan yang dalam bahasa Inggris bermakna
Notre Dame juga pernah rusak dan terabaikan oleh manusia selama masa Revolusi Prancis pada 1789-1799. Namun masyarakat kembali perhatian terhadap si Putri setelah novel Victor Hugo, The Hunchback of Notre-Dame, rilis pada 1831. (Martin BUREAU / AFP)
Notre Dame juga menjadi saksi bisu atas pengangkatan Napoleon Bonaparte sebagai Kaisar Prancis pada 1804, ketika pendahulunya memilih gereja lain. Bukan hanya untuk pengangkatan, Bonaparte memilih Notre Dame sebagai lokasi pernikahannya pada 1810. (Ludovic MARIN / AFP)
Salah satu ruangan di Gereja Notre Dame, Paris, Prancis, sebelum hangus terbakar. (Ludovic MARIN / AFP)
Sebagai situs warisan dunia UNESCO, Gereja Notre Dame didatangi 13 juta wisatawan dari berbagai belahan dunia. (Ludovic MARIN / AFP)
Bukti kemegahan arsitektur Gereja Notre Dame di Paris, Prancis. (Ludovic MARIN / AFP)
Gereja Notre Dame juga ramai didatangi turis saat musim semi, karena bunga-bunga yang tumbuh di sekitarnya mulai bermekaran. (Philippe LOPEZ / AFP)