6 Cara Menjaga Rambut Sehat Meski Sering 'Diutak-atik'

Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Selasa, 23/04/2019 19:29 WIB
ilustrasi (JKModel/morgueFile)
Jakarta, CNN Indonesia -- Proses pewarnaan, pengeringan dengan hair dryer hingga catok memang membuat tampilan rambut jadi beda.

Tak dimungkiri 'utak-atik' rambut memang sedang tren untuk menunjang penampilan. Tapi hati-hati, proses ini pula yang memicu kerusakan rambut, apalagi jika perawatannya tidak tepat.

"Semakin kita melakukan styling pada rambut, entah itu kita warnai, kita styling dengan alat-alat, berarti beban rambut bertambah. Oleh karena itu kita harus berikan perawatan ekstra, agar nanti hasil akhirnya rambut tetap baik," kata Gloria Novelita, dokter spesialis kulit saat ditemui usai temu media bersama Ellips di Blue Jasmine, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (22/4).


Hanya saja, ini bukan berarti Anda tak boleh melakukan pengeritingan atau pelurusan rambut. Ada trik-trik yang bisa diterapkan meski rambut kerap mengalami 'cobaan' agar rambut sehat dan kuat.

1. Keringkan dengan cara tepat

Setelah keramas, biasanya rambut akan dikeringkan dengan handuk sebelum bertemu dengan hair dryer. Gloria mengatakan penggunaan handuk tidak perlu dengan gerakan menggosok terlalu keras. 

"Rambut itu paling rapuh saat kondisi basah. Ikatan hidrogen banyak terbuka, keratin rapuh. Kalau mau dikeringkan dengan handuk, tidak usah ada gosokan," jelasnya. (chs)
1 dari 6