Langkah Mudah Naik Kereta Lintas Eropa

CNN Indonesia | Senin, 26/08/2019 20:55 WIB
Langkah Mudah Naik Kereta Lintas Eropa Gunung Jungfraujoch di Swiss. (Istockphoto/Janoka82)
Jakarta, CNN Indonesia -- Banyak yang merasa kalau bepergian dengan kereta merupakan kegiatan yang membuang waktu. Namun, anggapan tersebut tak berlaku bagi yang ingin menjelajahi Eropa lebih dalam.

Jika sudah mengantungi Eurail Pass, turis sebenarnya bisa menjelajah 28 negara di Eropa.

Selain pemandangan yang indah, ruang kaki yang lebih luas, berat bagasi yang lebih fleksibel, perjalanan kereta sekaligus membuat turis bisa berkenalan dengan orang baru, seperti dalam film 'Before Sunrise'.


Ditambah lagi, harga tiket kereta jauh lebih murah dibanding pesawat terbang.

Berikut sejumlah tips memulai perjalanan kereta mengitari Eropa bagi pemula:


1. Pertimbangkan waktu

Harga tiket kereta Eurail Pass untuk satu negara dibanderol US$60. Sementara untuk ke-28 negara dihargai US$299, bisa juga lebih murah atau bisa lebih mahal dari itu, tergantung dari waktu perjalanan yang dipilih turis.

Jika hanya punya waktu satu minggu, tiket Eurail Pass ke satu negara sangat cukup, seperti digunakan dari Roma - Florensia - Milan - Genoa.

Kalau punya waktu lebih panjang, turis bisa fokus melakukan perjalanan sesuai keinginannya. Kalau ingin melihat pemandangan gunung bisa membeli tiket ke seluruh destinasi di Swiss.

2. Memesan awal

Pesan tiket beserta area duduk yang diinginkan dari jauh hari melalui situs resmi, terutama saat berwisata di musim panas.

Sebelum menaiki kereta, pastikan juga tahu tipe kereta yang bakal dinaiki. Eurail Pass memiliki rute scenic route, international, dan high-speed.

Kereta yang melaju lebih lambat memberi kesempatan memandangi panorama sekaligus bertualang lebih banyak, meski fasilitas di dalam keretanya sangat sederhana.

3. Bawa barang ringkas

Bagi yang menumpang kereta ke beberapa destinasi, ketahui bahwa durasi berpindah kereta sangatlah singkat. Oleh karena jangan membawa barang bawaan yang terlalu banyak, sehingga bisa dengan mudah melangkah.

Jika punggung dan tangan kanan sudah penuh tas, sebaiknya jangan memaksakan diri membawa barang lagi di tangan kiri.


4. Naik shuttle ferry

Dikutip dari CN Traveller pada Senin (26/8), Eurail Pass menyediakan moda transportasi di luar kereta.

Ingin melihat benua dari sudut pandang yang berbeda? Ada feri yang menghubungkan dari daratan Spanyol ke Ibiza, feri yang mengantar melintasi Laut Mediterania, dan feri yang membawa dari kota-kota besar ke pulau-pulau terpencil di seluruh Skandinavia.

Bahkan ada kapal yang akan membawa turis dari Barcelona ke Roma.

Unduh aplikasi Eurail untuk memeriksa jadwalnya.

5. Rute rekomendasi

Rute Lucerne, Swiss - Milan, Italia, bisa dicoba bagi turis yang tidak punya ide untuk memulai perjalanan kereta di Eropa.

Lugano di Swiss bisa menjadi tempat pemberhentian awal.

Lalu bisa juga berhenti di kota-kota kecil di Italia seperti Como S. Giovanni, Desio, Sesto S. Giovanni, atau Genoa.

Sepanjang perjalanan turis bisa menatap Pegunungan Alpen Swiss, pemukiman warna-warni Genoa, pesisir Italia, sebelum turun kereta di Milan.

(ard/ard)