6 Manfaat Sehat Makan Kentang Ungu

tim, CNN Indonesia | Jumat, 20/12/2019 15:19 WIB
6 Manfaat Sehat Makan Kentang Ungu Kentang ungu atau ubi ungu kerap jadi bahan makanan pengganti nasi yang lebih rendah karbohidrat. Selain itu, kentang ungu juga punya manfaat kesehatan.(Istockphoto/ Teen00000)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kentang ungu atau ubi ungu kerap jadi bahan makanan pengganti nasi yang lebih rendah karbohidrat.

Biasanya umbi berwarna ungu ini diolah dengan cara direbus, dikukus, atau digoreng. Namun olahan yang lebih sehat adalah direbus atau dikukus. Kentang ini meiliki rasa yang sedikit seperti kacang dan earthy ketika sudah dimasak.

Kentang ungu memiliki kandungan antosianin, antioksidan yang memberikan warna ungu alami. Mengutip Boldsky, kentang ungu memiliki kandungan serat tinggi, potasium, vitamin B, dan antioksidan empat kali lebih tinggi dari kentang biasa.


Apa manfaat kentang ungu untuk kesehatan?


1. Mengontrol tekanan darah
Berdasarkan American Chemical Society, mengonsumsi kentang ungu akan membantu menurunkan tekanan darah. Ini terjadi karena adanya phytochemical yang bernama cholorgenic acid.

2. Menurunkan efek stres oksidatif
Kentang ungu kaya akan antioksidan polifenol yang disebut antosianin. Senyawa ini memiliki kemampuan melindungi sel dari stres oksidatif. Stres oksidatif ini akan menyebabkan peradangan kronis, kanker, sampai infertilitas pria.

3. Mencegah pembekuan darah yang tak diinginkan
Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Biochemical and Molecular Toxicology menemukan bahwa asam klorogenik bisa menunda akumulasi penggumpalan darah yang bermuara pada stroke.

4. Menurunkan risiko kanker
Sebuah studi menunjukkan bahwa beberapa komponen senyawa aktif dalam kentang ungu akan menurunkan risiko kanker, termasuk kanker payudara dan kanker usus.


5. Mencegah sembelit
Kentang ungu mengandung jumlah serat yang tinggi. Serat ini akan membantu mencegah konstipasi, kram, dan kembung.

6. Meningkatkan kesehatan jantung
Kandungan antosianin dalam kentang ungi dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan kardiovaskular. (chs)