Alasan Pentingnya ke Dokter Setelah 48 Jam Gejala Flu

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 05/02/2020 20:41 WIB
Alasan Pentingnya ke Dokter Setelah 48 Jam Gejala Flu Ilustrasi. Memeriksakan diri ke dokter saat gejala awal flu dapat membantu mempercepat penyembuhan. (Istockphoto/Tharakorn)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jangan remehkan gejala flu. Sebaiknya, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat saat gejala pertama muncul. Studi bahkan menunjukkan pentingnya langsung memeriksakan flu ke dokter dalam kurun waktu 48 jam saat gejala pertama terlihat.

"Pengobatan influenza hanya dapat membantu jika diberikan dalam 48 jam pertama setelah gejala. Jika menunggu lebih lama, maka dapat kehilangan kesempatan untuk perawatan," kata ahli virologi dr Norman Moore, dikutip dari situs kesehatan Healthline.

Dikutip dari CDC, gejala awal flu meliputi demam atau menggigil, batuk, sakit tenggorokan, ingus atau hidung tersumbat, nyeri otot atau sendi, sakit kepala, dan kelelahan.


Moore menjelaskan, jika flu ditangani secepatnya, dokter dapat memberikan antivirus untuk menangkal virus influenza. Antivirus ini dapat melawan virus influenza dan mengurangi durasi flu saat diberikan dalam waktu 48 jam pertama.

Jika gejala flu dibiarkan lebih lama, maka flu dapat berlangsung hingga lebih dari dua pekan. Hal ini dapat menyebabkan timbulnya komplikasi yang lebih serius, hilangnya produktivitas, dan memberikan kerugian ekonomi.

Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan, flu di seluruh dunia setiap tahunnya dapat menyebabkan hingga 5 juta kasus penyakit parah dengan sekitar 650 ribu kematian.

Antivirus juga dapat diberikan kepada anggota keluarga yang tinggal serumah untuk mencegah flu menular. Studi menunjukkan, memberikan pengobatan setelah paparan pada virus dan sebelum muncul gejala efektif mencegah flu 70-90 persen.

Di sisi lain, perlu dicatat, antivirus ini dapat menimbulkan efek samping seperti mual, muntah, dan diare. Jika tak ingin mendapatkan antivirus, dokter juga dapat memberikan bentuk pengobatan lain.

Dr Jessica Grayson menjelaskan beberapa alasan pentingnya mengunjungi dokter saat gejala pertama flu muncul.

"Mengunjungi dokter ketika Anda curiga terkena flu penting karena beberapa alasan," ucap Grayson.

Pertama, dokter dapat memberikan obat-obatan untuk mengurangi durasi flu. Kedua, perawatan untuk mencegah flu menyebar kepada anggota keluarga lain. Ketiga, untuk mencegah penyakit sekunder yang muncul.

Sejumlah penyakit sekunder yang dapat muncul karena flu misalnya radang tenggorokan dan pneumonia atau radang paru-paru.

Selain pengobatan dengan resep dokter, flu juga membutuhkan istirahat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh melawan virus.

[Gambas:Video CNN]

(ptj/asr)