Rumah Paling Berhantu di Irlandia Dijual Rp42,3 Miliar

CNN Indonesia | Jumat, 24/07/2020 12:36 WIB
Rumah ini kabarnya sering dihantui kawanan makhluk halus yang menunjukkan eksistensinya melalui benda melayang atau suara berisik. Rumah yang disebut paling berhantu di Irlandia, Loftus Hall, kabarnya bakal dijual seharga Rp42,3 miliar. (Gfox228 via Wikimedia Commons (CC-BY-3.0))
Jakarta, CNN Indonesia --

Rumah besar di Irlandia dengan 22 kamar tidur yang disebut menjadi rumah paling berhantu di negara ini kabanya siap dijual.

Dibangun pada tahun 1350, rumah yang bernama Loftus Hall itu berlokasi di Semenanjung Hook di Wexford.

Rumah kuno ini disebut dihuni oleh arwah penasaran namun telah diusir melalui ritual agama.


Dikutip dari Lonely Planet pada Jumat (24/7), salah satu kisah seram yang muncul dalam rumah ini ialah saat iblis datang dan menyamar untuk bermain kartu dengan salah satu penghuninya kala itu, Lady Anne Tottenham.

Saat Lady Anne mengetahui kalau temannya bukan manusia, sang iblis langsung sekejap pergi bak kepulan asap.

Lady Anne tak pernah lupa akan kejadian ngeri yang pernah menimpanya hingga ia menutup usia.

Setelah ia wafat, pemilik rumah berikutnya mengaku sering didatangi iblis dan kawanan makhluk halus lain yang  menunjukkan eksistensinya melalui benda melayang atau suara berisik, mirip yang disebut fenomena poltergeist.

Loftus Hall adalah inspirasi untuk Fowl Manor, salah satu latar utama Artemis Fowl produksi Disney + pada bulan Juni.

Sang penulis skenario, Eoin Colfer, sempat bekerja di rumah berhantu ini di masa mudanya.

Kastil pertama dibangun di situs pada tahun 1170 oleh ksatria Norman, Raymond Lee Gros, yang mengubah nama keluarganya menjadi Redmond untuk mengadopsi identitas Irlandia.

Keluarga Redmond membangun kastil yang dinamai Redmond Hall pada tahun 1350 untuk menggantikan kastil awal, lalu kastil itu dinamai Loftus Hall setelah diberikan kepada keluarga Loftus sebagai bagian dari penaklukan Cromwellian.

Bangunan yang ada saat ini telah melalui proses renovasi total sepanjang tahun 1872 dan 1879.

Demi menyambut kunjungan Ratu Victoria - yang akhirnya tidak pernah terjadi, keluarga Redmond menambahkan elemen-elemen seperti tangga besar, lantai ubin mosaik, dan lantai parket.

Loftus Hall telah berganti pemilik sejak saat itu.

Kini semakin banyak orang melakukan tur berhantu di rumah seluas 27.124 kaki persegi itu, atau menghadiri tur misteri malam bulanan.

Namun, pemilik saat ini, Aidan dan Shane Quigley, telah berniat menjual rumah legendaris itu, bersama dengan 63 hektare tanah dan pantai pribadi di sekitarnya, seharga US$2,89 juta (sekitar Rp42,3 miliar).

(ard)

[Gambas:Video CNN]