Menanam Pelangi di Hutan Hujan Indonesia

tim, CNN Indonesia | Kamis, 03/09/2020 23:36 WIB
Hutan hujan Indonesia ternyata memiliki kekayaan alam yang indah, salah satunya pohon eucalyptus pelangi. Hutan hujan Indonesia ternyata memiliki kekayaan alam yang indah, salah satunya pohon eucalyptus pelangi. (iStockphoto/GlowingEarth)
Jakarta, CNN Indonesia --

Beberapa waktu lalu eucalyptus disebut-sebut bisa menjadi obat covid-19, meski sampai sekarang masih terus diteliti keampuhannya.

Perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis pohon eucalyptus, yang paling unik adalah pohon eucalyptus pelangi. Sekilas, pohon tersebut terlihat seperti dipoles cat warna-warni di batangnya. Ada semburat warna-warni di kulit kayunya yang berwarna cokelat. Namun pada kenyataannya, ini adalah warna pohon asli, bukan hasil warna cat apalagi edit foto di komputer. 

Rainbow eucalyptus adalah pohon cemara yang memiliki bentuk tombak, daun berwarna hijau keperakan, dan tandan bunga kecil berwarna putih. Ciri yang paling menakjubkan adalah batangnya, yang menumbuhkan kulit pelangi dalam nuansa hijau, biru, oranye, merah, dan ungu. Saat tumbuh, kulit kayu terus terkelupas untuk menampilkan warna dan pola baru, mengembangkan keindahannya setiap saat.


Pohon ini juga dikenal sebagai permen karet Mindanao atau pohon permen karet pelangi. Pohon ini banyak ditemui di Filipina, Indonesia, dan Papua Nugini yang banyak memiliki hutan hujan. Di Indonesia sendiri, pohon ini banyak ditemui di Bondowoso, Jawa Timur dan juga di Kawasan Taman Nasional Lore Lindu Gunung Nokilalaki, di sebelah timur kota Palu. 

Mengutip Better Homes & Gardens, pohon eucalyptus pelangi membutuhkan lingkungan yang panas dengan banyak hujan untuk tumbuh, jadi Anda hanya dapat menemukannya di beberapa bagian Amerika Serikat.

San Diego, California, menjadi tujuan pepohonan - Anda dapat melihatnya di Balboa Park, di sepanjang Sports Arena Boulevard, di Kebun Binatang San Diego, dan di beberapa bagian Mission Bay. Berkat hujan lebat dalam beberapa tahun terakhir, pepohonan telah menghasilkan kulit kayu yang sangat indah sejauh ini pada tahun 2020.

Pohon ini punya cara yang unik untuk melepaskan kulit kayunya. Setelah kulit terluarnya lepas, pohon ini akan menunjukkan kulit yang berwarna hijau cerah, namun pada akhirnya berubah menjadi biru, ungu, oranye, dan akhirnya merah marun.

Uniknya, mengutip berbagai sumber, pohon ini tidak melepaskan kuitnya sekaligus, namun beberapa kali sepanjang tahun, hal ini yang menyebabkan efek pelangi yang indah.

Bisakah menanam pohon rainbow eucalyptus atau eukaliptus pelangi?

Selain iklim, kondisi pertumbuhan eucalyptus pelangi termasuk sinar matahari penuh dan tanah lembab. Setelah pohon tumbuh maka Anda perlu menambahkan pupuk dan disiram dengan teratur ketika curah hujan tak mencukupi.

(chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK