Mengenal Jerawat Hormonal dan Cara Mengatasinya

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 25/09/2020 17:53 WIB
Jerawat hormonal muncul karena pengaruh atau fluktuasi hormon di dalam tubuh. Berikut cara mengatasinya. Ilustrasi. Jerawat hormonal muncul karena pengaruh atau fluktuasi hormon di dalam tubuh. (Istockphoto/VladimirFLoyd)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jerawat hormonal berbeda dengan jerawat biasa. Berikut cara mengatasi dan menghilangkan jerawat hormonal yang muncul di permukaan kulit.

Sama seperti namanya, jerawat hormonal adalah jerawat yang muncul karena pengaruh atau fluktuasi hormon di dalam tubuh. Jerawat ini umumnya mulai muncul pada masa pubertas.

Seiring bertambahnya usia, jerawat hormonal yang dapat terjadi pada siapa saja, namun lebih umum muncul pada wanita. Hal ini dipengaruhi oleh siklus menstruasi dan menopause.


Dikutip dari Healthline, diperkirakan 50 persen wanita usia 20-29 tahun memiliki jerawat hormonal. Sekitar 25 persen perempuan berusia 40-49 tahun juga mengalaminya.

Jerawat hormonal memiliki perbedaan dengan jerawat biasa.

Ciri-ciri jerawat hormonal

1. Muncul di zona T yakni dahi, hidung, dan dagu.

2. Terbentuk di bagian bawah wajah termasuk bawah pipi dan di sekitar garis rahang.

3. Pada sebagian orang, jerawat hormonal dapat berupa komedo, komedo putih, dan jerawat kecil.

Berikut cara mengatasi jerawat hormonal

1. Menggunakan retinoid

Gunakan produk perawatan wajah yang mengandung retinoid. Retinoid berasal dari vitamin A yang dapat menjaga kulit tetap sehat dan terhindar dari peradangan dan jerawat.

2. Tea tree oil

Produk yang mengandung tea tree oil juga dapat mengurangi dan meredakan gejala peradangan pada jerawat. Tea trea oil banyak ditambahkan dalam pembersih wajah, penyegar, dan masker. Beberapa minyak lain seperti minyak kelapa dan minyak zaitun juga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat hormonal.

3. Asam alfa hidroksi (AHA)

AHA merupakan asam tanaman yang sebagian besar berasal dari buah jeruk. AHA membantu menghilangkan kelebihan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. AHA juga dapat menghilangkan bekas jerawat. Gunakan produk perawatan wajah yang mengandung AHA untuk mengobati jerawat hormonal.

4. Teh hijau

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam teh hijau membantu mengurangi peradangan yang muncul karena jerawat. Mengonsumsi teh hijau atau menggunakan produk perawatan wajah dengan teh hijau dapat membantu meredakan jerawat yang meradang.

(ptj/asr)

[Gambas:Video CNN]