Panduan Makanan untuk Mantan Penderita Stroke

tim, CNN Indonesia | Selasa, 08/06/2021 08:28 WIB
Hidup pasti akan berubah pascaserangan stroke, termasuk soal makanan. Berikut makanan untuk mantan penderita stroke yang disarankan dan harus dihindari. Hidup pasti akan berubah pascaserangan stroke, termasuk soal makanan. Berikut makanan untuk mantan penderita stroke yang disarankan dan harus dihindari. (jill111/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hidup pasti akan berubah pascaserangan stroke. Aktivitas yang dulunya mudah dilakukan sekarang terhambat, makanan yang dulu bebas disantap kini dilarang. Namun ada makanan untuk mantan penderita stroke.

Tak dimungkiri ada berbagai makanan yang harus dihindari untuk mantan penderita stroke.

Diet sehat juga akan memastikan tubuh Anda mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk mendukung penyembuhan neurologis dan fisik.


"Dalam hampir semua keadaan, ada baiknya untuk mengevaluasi kembali apa yang Anda makan dan gaya hidup Anda setelah mengalami stroke," kata Jordan Chen, RD, ahli diet kardiovaskular di Heart and Vascular Clinics (HAVC) di Manhattan, Kansas dikutip dari Everyday Health.

Chen mencatat bahwa pola makan dan kebiasaan olahraga seseorang adalah salah satu faktor utama yang berkontribusi terhadap penyakit kardiovaskular (CVD) dan stroke, dan bahwa menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan merupakan faktor penting dalam mengurangi risiko stroke.

Chen dan direktur pencegahan dan kesehatan kardiovaskular di National Jewish Health Denver dan juga ketua American College of Cardiology's Nutrition and Lifestyle Group, Andrew M. Freeman merekomendasikan agar orang mengikuti aturan dasar cara makan Mediterranean and Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH) untuk memastikan kesehatan keseluruhan yang terbaik dan untuk mengurangi risiko terkena stroke lagi.

Diet DASH secara khusus dirancang untuk mengurangi tekanan darah tinggi, satu-satunya faktor risiko terbesar untuk mengalami stroke, menurut American Stroke Association (ASA).

Kedua diet tersebut mencakup sejumlah besar sayuran segar, buah, kacang-kacangan, kacang-kacangan, polong-polongan, ikan dan unggas dalam jumlah sedang, dan sangat sedikit porsi makanan olahan, susu, daging merah, dan permen. American Heart Association (AHA) mengakui bahwa cara makan Mediterania dan DASH dapat berdampak besar pada risiko stroke seseorang.

Makanan untuk mantan penderita stroke.

"Hal terbesar yang harus dikurangi adalah gula, garam, makanan olahan tinggi, lemak jenuh dan lemak trans, dan makanan yang digoreng, serta makanan ringan," kata Chen, mengacu pada makanan ringan kemasan, termasuk pretzel dan keripik.

Hal senada juga diungkapkan Ika Setyani, Ahli gizi Mayapada Hospital. 

"Yang pasti kurangi garam. Bukan berarti tidak boleh makan dengan garam tapi batasi jumlah penggunaannya, lemak termasuk makanan yang digoreng dan santan kental terutama di masa2 awal penyembuhan," ucapnya kepada CNNIndonesia.com.

"Minum air putih yang cukup, olahraga sesuai kemampuan. Atur berat badan, kalo obesitas atau overweight pola makan harus lebih dijaga."

Berikut adalah beberapa tips tentang apa yang harus dimakan dan apa yang harus dihindari untuk membantu Anda pulih dari stroke.

1. Makanan utuh, berbasis tumbuhan, dan banyak sayuran.

Ilustrasi Mencuci SayuranFoto: ImagesBG/Pixabay
Ilustrasi Sayuran


Freeman mengungkapkan bahwa buah, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, kacang-kacangan, nasi, dan ikan adalah contoh makanan utuh yang baik.

Dia juga menyarankan untuk menambahkan pilihan sayuran hijau seperti asparagus, paprika, bawang bombai, wortel, kubis brussel, dan sayuran non-tepung lainnya di atas kentang dan jagung.

"Jika Anda akan makan salad dan menutupinya dengan bacon dan keju biru, itu menghilangkan manfaat kesehatannya," kata Freeman.

Hanya saja perhatikan lagi obat Anda. 

"Memang harus perbanyak serat dari buah dan sayur, tapi kalo konsumsi pengencer darah beberapa jenis makanan juga harus dibatasi konsumsinya."

Panduan Makanan untuk Mantan Penderita Stroke

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK