7 Migrasi Hewan Laut Paling Mengesankan di Dunia

CNN Indonesia | Minggu, 13/06/2021 07:00 WIB
Hewan laut juga termasuk makhluk hidup yang cerdas, terbukti dari cara mereka menavigasi rute migrasi setiap tahunnya. Pemandangan migrasi Ikan Sardines. (iStockphoto/richcarey)
Jakarta, CNN Indonesia --

Migrasi merupakan bagian penting dalam kehidupan fauna, termasuk hewan laut. Secara periodik, hewan laut selalu melakukan migrasi dari satu tempat ke tempat lain, mencari sumber makanan, tempat berkembangbiak, sampai suhu yang nyaman.

Penelitian LIPI yang dipublikasi dalam situsnya menjelaskan bahwa beberapa spesies laut berpindah lokasi seiring peningkatan suhu laut. Sekumpulan ikan secara gradual pindah dari perairan hangat ke perairan yang lebih dingin.

Para ilmuwan dan penyelam terus mempelajari berbagai migrasi hewan laut selama beberapa dekade terakhir.


Mengutip artikel yang diterbitkan Professional Association of Diving Instructors (PADI) dan berbagai sumber lainnya, berikut momen migrasi hewan laut terbaik dan yang paling mengagumkan di dunia:

1. Paus Bungkuk

Paus Bungkuk (Megaptera novaeangliae) merupakan spesies rorqual terbesar. Panjang Paus Bungkuk dewasa sekitar 12-16 meter dan memiliki berat 36 ribu kilogram. 

Paus Bungkuk termasuk hewan akrobatik, sering muncul di permukaan air.

Menyaksikan Paus Bungkuk bermigrasi bisa jadi pengalaman yang luar biasa. Salah satu tempat yang dapat dikunjungi untuk menyaksikan fenomena itu adalah di kepulauan Polinesia Tonga.

Biasanya, Paus Bungkuk bermigrasi dari bulan Agustus sampai September. Mereka datang dari Antartika yang dingin demi mencari suaka yang hangat untuk bayi mereka yang baru lahir.

Sehingga jika datang pada bulan tersebut, pengunjung dapat melihat bayi-bayi Paus Bungkuk yang lucu.

Paus bungkuk atau Megaptera novaeangliae. (Dok.Wikipedia)Paus bungkuk (Dok.Wikipedia)

2. Kepiting Laba-laba

Kepiting Laba-laba merupakan spesies kepiting yang paling besar. Panjang kakinya bisa mencapai 3,8 meter dan berat mencapai 19 kilogram.

Kepiting Laba-laba berasal dari perairan Jepang. Mereka cukup langka dan diburu banyak orang.

Mungkin salah satu migrasi paling aneh terjadi di perairan Melbourne, Australia. Ratusan kepiting Laba-laba berkumpul untuk bermigrasi massal. Mereka berjalan berbaris melintasi dasar laut seperti sedang parade.

Setelah berjalan berbaris, kepiting-kepiting itu berkumpul dan saling menumpuk seperti membentuk piramida.

Tumpukan itu terlihat menggeliat dan sedikit bergetar saat lebih banyak kepiting memanjat, mendekat dari segala arah sejauh mata memandang.

Migrasi Kepiting Laba-laba dimulai saat air mendingin, antara bulan April dan Juni. Migrasi ini hanya berlangsung sekitar satu minggu.

Menyelam adalah pilihan terbaik untuk menyaksikan fenomena migrasi tersebut. Setidaknya akan menyaksikan tumpukan piramida Kepiting Laba-laba.

The crowd of Spider Crabs at a beachRelated images:Kepiting Laba-laba. (iStockphoto/keiichihiki)

3. Ikan Pari Manta

Ikan Pari Manta (Manta birostris) adalah salah satu spesies ikan pari terbesar di dunia. Lebar tubuhnya, dari ujung sirip satu ke ujung siri lainnya, mencapai hampir 6 sampai 7 meter.

Bobot terberat manta rata-rata 1.400 kg. Ikan ini termasuk ikan yang ramah terhadap manusia.

Ikan Pari Manta tinggal di perairan tropis yang hangat. Saat migrasi, mereka akan melakukan perjalanan jauh demi mendapatkan makanan. Ahli biologi baru mulai memahami pola migrasi mereka, dan masih banyak yang belum diketahui tentang hewan besar ini.

Melihat hanya satu Ikan Pari Manta saja bisa mengesankan, apalagi melihat segerombolan ikan ini bermigrasi.

Para ilmuwan menyebut migrasi pari manta bisa ditemui di Maladewa, Hawaii, dan Fiji.

Di sana akan terlihat lebih dekat saat Ikan Pari Manta jungkir balik dengan elegan dan berenang berkelompok menebus lautan.

Begegnung mit MobulasIkan Pari Manta. (iStockphoto/JFibu)

Artikel ini masih berlanjut ke halaman berikutnya...

7 Migrasi Hewan Laut Paling Mengesankan di Dunia

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK