10 Kebiasaan Penyebab Batu Ginjal

tim, CNN Indonesia | Kamis, 24/06/2021 19:00 WIB
Ashanty mengungkapkan kebiasaan Anang yang menyebabkan batu ginjal yaitu kurang minum air putih. Berikut kebiasaan lain penyebab batu ginjal. Ashanty mengungkapkan kebiasaan Anang yang menyebabkan batu ginjal yaitu kurang minum air putih. Berikut kebiasaan lain penyebab batu ginjal. (iStockphoto/piotr_malczyk)
Jakarta, CNN Indonesia --

Anang Hermansyah menjalani operasi di sebuah rumah sakit di Bali beberapa waktu lalu.

Ashanty mengungkapkan bahwa Anang sempat menjalani terapi dan operasi pengangkatan batu ginjal sejak Maret 2021 lalu. Namun Ashanty juga mengungkapkan kebiasaan yang menyebabkan batu ginjal pada Anang adalah kurang minum air putih.

Apa itu batu ginjal?

Ginjal Anda berfungsi untuk menyaring bahan limbah dan kelebihan cairan dalam urine Anda. Batu ginjal terbentuk ketika bahan limbah kimia tertentu menumpuk dan tidak ada cukup cairan untuk menyaringnya dengan benar.


Mengutip Today, ketika ini terjadi, bahan kimia mengkristal dan akhirnya membentuk batu yang dapat terus membesar kecuali jika dikeluarkan dari tubuh melalui urin. Batu yang sangat kecil (seukuran sebutir garam) dapat dikeluarkan tanpa kesulitan. Tetapi batu yang lebih besar (seukuran kerikil) dapat menyebabkan rasa sakit yang signifikan saat bergerak melalui pembuluh sempit tempat urine mengalir keluar dari ginjal.

Jika batu ginjal terlalu besar, dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh ini dan mencegah urine mengalir.

Gejala batu ginjal:

1. Nyeri hebat di punggung serta perut
2. Sakit atau sensasi terbakar saat buang air kecil
3. Sering ke kamar mandi
4. Darah dalam urine
5. Urine keruh atau bau
6. Buang air kecil sedikit demi sedikit
7. Mual dan muntah
8. Demam dan menggigil

Berikut kebiasaan yang menyebabkan batu ginjal seperti yang dialami Anang Hermansyah.

1. Obesitas
Ada hubungannya antara obesitas dengan peningkatan risiko batu ginjal.

2. Makan terlalu banyak garam dan gula
Mengutip Urology Center of Florida, Selain menyebabkan penambahan berat badan, diet Anda mungkin juga melibatkan konsumsi bahan kimia yang secara langsung berkontribusi pada pembentukan batu ginjal. Penyebab umum termasuk fruktosa, ditemukan dalam gula meja dan sirup jagung fruktosa tinggi, serta garam, yang meningkatkan jumlah kalsium di ginjal Anda.

3. Makan terlalu banyak protein hewani
Daging merah, unggas, telur, susu, dan makanan laut dapat meningkatkan kadar asam urat Anda, yang menyebabkan pembentukan batu.

10 Kebiasaan Penyebab Batu Ginjal

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK