HARI ANAK NASIONAL

4 Cara Membujuk Anak Agar Mau Divaksin Covid-19

tim, CNN Indonesia | Jumat, 23/07/2021 09:37 WIB
Sejumlah alasan membuat anak enggan divaksin Covid-19. Berikut beberapa cara membujuk anak mau divaksin Covid-19. Sejumlah alasan membuat anak enggan divaksin Covid-19. Berikut beberapa cara membujuk anak mau divaksin Covid-19.(Foto: iStock/FatCamera)
Jakarta, CNN Indonesia --

Terlindung dari Covid-19 tidak hanya dibutuhkan oleh orang dewasa, tapi juga anak-anak. Salah satu cara melindungi anak dari virus corona adalah dengan vaksin Covid-19.

Berdasarkan paduan terbaru, anak yang berusia di atas 12 tahun sudah bisa mendapatkan vaksin Covid-19. Vaksin pada anak penting karena anak merupakan orang yang rentan terhadap infeksi virus corona.

Namun, tidak semua anak mau divaksin. Mulai dari takut jarum suntik hingga termakan hoaks yang banyak beredar di media sosial. Oleh karena itu, orang tua atau pengasuh diimbau agar dapat membujuk anak mau divaksin Covid-19.


"Tapi anak-anak ini adalah orang yang sangat aktif, mereka bergerak dan bertemu orang, ketika mereka bertemu berbagai macam orang kemungkinan mereka tertular dari lingkungan itu bisa sekali. Maka dari itu mereka tetap harus divaksin Covid-19," kata dokter spesialis anak RSAB Harapan Kita, Eva Devita Harmoniati, dalam siaran Radio Kemenkes, Kamis (22/7).

Eva membagikan beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua untuk mengajak anak agar mau divaksin Covid-19.

Berikut cara membujuk anak mau divaksin Covid-19:

1. Berikan edukasi

Upset teenage girl sitting on sofa and sharing sufferings with mother holding her handsCara membujuk anak agar mau divaksin Covid-19 adalah dengan memberikan edukasi menggunakan bahasa yang mudah dipahami. (Foto: iStockphoto/shironosov)

Eva mengatakan beberapa anak enggan menerima vaksin Covid-19 karena hoaks yang beredar di media sosial. Mereka bisa jadi membaca berita bohong dari media sosial sehingga tak percaya akan khasiat vaksin Covid-19.

Oleh sebab itu, orang tua harus memberikan edukasi pada anak agar mereka mau divaksin Covid-19 tanpa paksaan. Orang tua bisa mulai dengan memberitahu bahwa Covid-19 berbahaya dan mereka butuh perlindungan lebih, salah satunya dengan vaksin Covid-19.

Kemudian, beritahu bahwa vaksin Covid-19 aman untuk anak. Orang tua harus menjelaskan bahwa komponen pembuat vaksin adalah virus yang sudah dilemahkan sehingga tidak berbahaya bagi tubuh. Edukasi juga anak soal kemungkinan timbulnya kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) agar mereka tidak panik saat timbul gejala usai vaksinasi.

"Edukasi soal vaksin Covid-19 pada anak itu penting agar anak memahami apa yang akan mereka lakukan saat itu. Ketika mengerti akan pentingnya vaksinasi Covid-19, maka anak akan mau divaksin tanpa paksaan," kata Eva.

Simak cara membujuk anak agar mau divaksin Covid-19 di halaman berikut.

4 Cara Membujuk Anak Mau Divaksin Covid-19

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK