Cara Seks Aman, Tak Sebabkan Kehamilan Tanpa Alat Kontrasepsi

tim, CNN Indonesia | Sabtu, 25/09/2021 22:02 WIB
Terdapat sejumlah cara berhubungan intim yang tidak mengakibatkan kehamilan tanpa alat kontrasepsi. Terdapat sejumlah cara berhubungan intim yang tidak mengakibatkan kehamilan tanpa alat kontrasepsi.(Foto: iStockphoto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Alat kontrasepsi merupakan cara yang efektif untuk mencegah kehamilan. Namun, jika satu dan lain hal membuat Anda dan pasangan tak bisa menggunakan kontrasepsi, Anda bisa melakukan sejumlah cara untuk mencegah kehamilan saat berhubungan seksual.

Berikut cara berhubungan intim yang tidak mengakibatkan kehamilan tanpa alat kontrasepsi:

1. Hindari masa subur

Cara meminimalisasi peluang kehamilan dapat dilakukan dengan berhubungan seks di luar masa subur. Anda dapat memprediksi hari-hari di mana peluang kehamilan terjadi paling tinggi yakni di masa subur. Hindari hubungan seks di hari-hari tersebut.


Ada beberapa cara mengetahui masa subur antara lain: rhythm method, standart days method, cervical mucus methos, juga basal body temperature method.

  • Rhythm method dilakukan dengan mencatat rata-rata siklus haid setidaknya selama 8 bulan terakhir, lalu tentukan rata-rata siklus haid terpendek dan rata-rata siklus haid terpanjang. Ambil contoh, rata-rata siklus terpendek 29 hari dan rata-rata siklus terpanjang 35 hari.

29-18 = 11
35-11 = 14

Artinya, jika siklus rata-rata 29-35 hari maka masa subur berada di hari ke-11 sampai hari ke-14.

  • Standart day method yakni masa subur dihitung hari ke-8 sampai hari ke-19. Anda bisa menggunakan aplikasi pencatat menstruasi yang biasanya menyediakan prediksi waktu ovulasi dan masa subur.
  • Cervical mucus method dilakukan dengan mengenali waktu ovulasi dari mukus yang keluar dari vagina. Di masa subur, mukus akan terlihat bening, licin dan kenyal seperti putih telur.
  • Basal body temperature method dilakukan dengan termometer yang mengukur suhu tubuh basal. Saat ovulasi, suhu tubuh bisa naik hampir 1 derajat Celcius, kemudian disusul tanda lain seperti, payudara terasa bengkak, sakit punggung atau kembung.

Simak cara seks aman yang tak sebabkan kehamilan tanpa alat kontrasepsi di halaman berikut.

Cara Seks Aman, Tak Sebabkan Kehamilan Tanpa Alat Kontrasepsi

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK