4 Hal yang Wajib Dipertimbangkan Saat Pilih Kontrasepsi

tim, CNN Indonesia | Minggu, 26/09/2021 19:13 WIB
Pilihan jenis kontrasepsi akan sangat tergantung pada kebutuhan pasangan, berikut hal yang wajib dipertimbangkan saat pilih kontrasepsi. Pilihan jenis kontrasepsi akan sangat tergantung pada kebutuhan pasangan, berikut hal yang wajib dipertimbangkan saat pilih kontrasepsi. ( iStockphoto/andrewsafonov)
Jakarta, CNN Indonesia --

Saat tiba pada keputusan untuk melakukan kontrasepsi, pertanyaan berikutnya adalah jenis kontrasepsinya. Pilihan jenis kontrasepsi akan sangat tergantung pada kebutuhan pasangan.

Menurut Ni Komang Yeni Dhana Sari, dokter spesialis kandungan dan CEO Klinik Health360, pertimbangan ini terutama dari jangka waktu penundaan kehamilan.

"Kita harus pertimbangkan dulu mau yang jangka pendek, sementara, emergency (darurat) atau jangka panjang. Kebutuhan kita kan beda," kata Yeni saat berbincang dengan CNNIndonesia.com, Kamis (23/9).


1. Darurat

Penggunaannya jelas pada situasi darurat. Pada situasi relasi jarak jauh (LDR), sebuah pertemuan jadi begitu bermakna dan hubungan seks jadi pelipur rindu. Tidak heran terjadi hubungan seks spontan dalam kondisi stok kondom habis. Di sini morning pills bisa diandalkan.

"Tapi kalau ketemunya cukup lama, di rumahnya lama, ya emergency enggak bisa dipakai terus-menerus. Nanti haidnya enggak teratur," jelasnya.

2. Jangka pendek

Jika penundaan kehamilan hanya selama setahun atau waktu yang belum bisa ditentukan, disarankan untuk menggunakan kontrasepsi kondom atau pil KB. Saat kondom lepas atau konsumsi pil KB disetop, akan memberikan peluang kehamilan.

4 Hal yang Wajib Dipertimbangkan Saat Pilih Kontrasepsi

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK