Diet Rendah Gula: Cara, Manfaat, dan Efek Samping

Tim | CNN Indonesia
Sabtu, 09 Oct 2021 08:06 WIB
Diet rendah gula dilakukan dengan memangkas asupan gula. Berikut cara diet rendah gula yang tepat. Ilustrasi. Cara diet rendah gula yang utama adalah memangkas asupan gula harian. (iStockphoto/amenic181)
Jakarta, CNN Indonesia --

Berbagai jenis diet telah diketahui banyak orang, salah satunya diet rendah gula. Berikut cara diet rendah gula yang tepat.

Pada dasarnya, diet ini dilakukan dengan mengurangi asupan gula dan pemanis tambahan. Diet ini juga mengurangi makanan yang mengandung gula alami.

Tujuan utama dari diet ini adalah untuk mempertahankan kadar gula darah tetap sehat. Diet ini juga ditemukan dapat membantu program penurunan berat badan dan menekan risiko berbagai penyakit kronis.


Melakukan diet ini dapat membuat Anda lebih sadar akan asupan gula harian dan membangun pola makan sehat serta seimbang. Diet ini akan sangat bermanfaat bagi Anda yang mengidap diabetes atau mengalami pra-diabetes.

Cara Diet Rendah Gula

ilustrasi gulaIlustrasi. Cara diet rendah gula yang utama adalah memangkas asupan gula harian. (iStockphoto/Photosiber)

Melansir Very Well Fit, tak ada aturan waktu makan pada diet ini. Yang terpenting hanya-lah menjaga kadar gula darah agar tidak lesu.

Untuk mempertahankan tingkat energi yang memadai, diet ini kerap merekomendasikan Anda untuk makan setiap 3-4 jam. Anda bisa membaginya antara makan besar dan camilan. Jangan lupa untuk mengonsumsi banyak protein dan serat yang bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

Cara diet rendah gula yang utama adalah dengan mengonsumsi makanan rendah gula dan menghindari makanan yang mengandung tinggi gula. Anda juga disarankan untuk menghindari makanan olahan.

Makanan yang Boleh Dikonsumsi

Fokus pada asupan gula yang rendah, ada beberapa makanan yang boleh dikonsumsi dalam diet ini. Berikut di antaranya.

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau tak membuat gula darah melonjak secara signifikan.

Bayam dan kangkung adalah dua contoh sayuran hijau yang sangat baik. Keduanya mengandung vitamin A, kalium, kalsium, serat, dan protein.

2. Buah-buahan

Buah jeruk merupakan sumber vitamin yang mineral yang sangat baik, seperti vitamin C dan potasium.

Tak hanya itu, beri juga jadi buah yang tepat untuk diet rendah gula. Buah beri diperkaya oleh kandungan antioksidan dan berbagai vitamin.

3. Kacang-kacangan

Various Nuts in  bowls on white background, top view, copy space. Nuts assortment - pecans, hazelnuts, walnuts, pistachios, almonds, pine nuts, peanuts, pumpkin seeds.Ilustrasi. Kacang-kacangan menjadi salah satu makanan yang direkomendasikan dalam diet rendah gula. (iStockphoto/Mizina)

Kacang adalah cara terbaik untuk menambahkan serat dan protein ke dalam diet sehat, sambil tetap membatasi asupan karbohidrat. Kacang merupakan karbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu lama untuk dicerna tubuh.

4. Ubi jalar

Ubi jalar juga menjadi alternatif tepat untuk kentang. Ubi jalar memiliki tingkat indeks glikemik yang lebih rendah daripada kentang.

Ubi jalar juga kaya akan vitamin A, vitamin C, serat, dan potasium.

5. Ikan berlemak

Ikan adalah sumber asam lemak omega-3 yang baik. Kandungan ini membantu meningkatkan kesehatan jantung dan otak. Anda bisa memilih ikan berlemak seperti salmon, makarel, teri, dan lain-lain.

6. Protein tanpa lemak

Protein tanpa lemak, seperti dada ayam tanpa kulit, sangat sesuai dengan diet rendah gula. Protein jenis ini dapat menimbulkan perasaan kenyang yang lebih lama.

7. Rempah-rempah

Anda bisa menggunakan rempah-rempah seperti jinten, kunyit, dan kayu manis sebagai pemberi rasa pada makanan.

Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi

Diet ini menyarankan Anda untuk tidak atau menghindari konsumsi beberapa jenis makanan, seperti berikut.

1. Roti putih atau tepung

Roti putih dan biji-bijian olahan lainnya perlu dihindari. Makanan jenis ini memiliki tingkat indeks glikemik yang tinggi.

Alih-alih roti putih, konsumsi gandum utuh sebagai menu sarapan Anda.

Simak cara diet rendah gula selengkapnya di halaman berikutnya...

Diet Rendah Gula: Cara, Manfaat, dan Efek Samping

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER