Membedah Pemulihan Trauma Hong Banjang Hometown Cha Cha Cha

tim | CNN Indonesia
Senin, 18 Oct 2021 16:40 WIB
Tokoh Hong Du-sik di Hometown Cha Cha Cha dikisahkan melalui proses pemulihan trauma yang lama karena kejadian di masa lalu. Simak penjelasan psikolog berikut. Simak yang dapat dan sebaiknya tidak dilakukan saat mendampingi pasangan yang berjuang dengan trauma. (Arsip tvN via Twitter @CJnDrama)

Rahma memberikan beberapa 'do' dan 'don'ts' saat pasangan Anda sedang menjalani proses pemulihan dari trauma. Simak penjelasannya sebagai berikut.

Do's

1. Mendengarkan pasangan tanpa memberikan penilaian
2. Memeluk dan memberikan sentuhan sayang pada pasangan, hal ini secara psikologis akan meningkatkan rasa dicintai. Pelukan, misalnya, akan menghilangkan stres.
3. Bertanya pada pasangan apa yang bisa dibantu atau dilakukan buat dia.
4. Mencari bantuan ahli untuk membantu pemulihan pasangan dan menemani pasangan dalam setiap proses konseling juga terapinya.

Don'ts

1. Memberikan penilaian misal, menyebut pasangan kurang bersyukur, kurang iman atau kurang ibadah.
2. Menganggap tingkah pasangan 'lebay' atau berlebihan.
3. Mengabaikan saat pasangan ingin menceritakan perasaannya.
5. Marah-marah dan menganggap kondisi pasangan mempersulit kehidupan mereka.



Apa saya benar-benar sudah pulih?

Mencapai kata 'pulih' memang bukan hal mudah. Proses healing sudah berjalan, berbagai terapi maupun latihan sudah dikerjakan. Kemudian hidup rasanya mulus dan baik-baik saja.

Kendati demikian, Rahma menyebut pulih tidak selalu berarti saat hidup terasa baik-baik saja, pekerjaan maupun hubungan lancar. Lupa dengan dengan peristiwa yang memicu trauma pun bukan berarti pulih.

"Pulih itu bukan berarti lupa pada peristiwanya. Peristiwanya bisa tetap diingat, yang perlu diperhatikan adalah bagaimana perasaan kita pada peristiwa tersebut. Jika sudah pulih, salah satu indikatornya adalah kita bisa mengingat peristiwa yang membuat trauma itu namun perasaan kita terhadap trauma tersebut sudah berbeda," jelasnya.

"Ada skala atau prosentase rasa sakit yang berkurang dari sebelumnya. Walaupun bisa jadi belum hilang 100% namun ada perasaan lebih menerima dan lebih tenang."

(els/agn)

[Gambas:Video CNN]
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER