7 Trik Anti Basi untuk Mulai Obrolan di Dating Apps

tim | CNN Indonesia
Senin, 15 Nov 2021 13:50 WIB
Setelah swipe right dan match, biasanya orang jadi 'kaku' dan pasif karena bingung memulai percakapan di dating apps. Bagaimana triknya? Setelah swipe right dan match, biasanya orang jadi 'kaku' dan pasif karena bingung memulai percakapan di dating apps. Bagaimana triknya? (iStockphoto/Tero Vesalainen)
Jakarta, CNN Indonesia --

Urusan 'swipe right' bukanlah hal yang sulit. Salah satu aplikasi kencan alias dating apps Tinder mempopulerkan istilah ini di mana Anda menemukan seseorang yang dirasa cocok dijadikan teman kencan.

Setelah 'swipe right', yang perlu dilakukan adalah memulai percakapan. Harus diakui, bagian ini memang terbilang sulit. Ada rasa cemas jika ucapan salam bakal dianggap basi, komentar soal foto bakal dikira sok akrab.

"Saya rasa itu hal yang universal. Tidak jadi soal mau yang muda-muda atau yang tua, ya kita semua begitu. Kalau bertemu orang asing, pasti mikir apa saya harus menyapa dulu? Apa saya yang sebaiknya memulai percakapan? Itu alami," ujar Papri Dev, APAC Communication Tinder, saat temu media virtual, Selasa (9/11).

Lalu, bagaimana memulai obrolan agar menuai respons yang diinginkan?

1. Pembukaan yang ringkas dan manis

Karena cemas akan penolakan atau kesan kurang baik, orang banyak menginvestasikan waktu untuk merangkai kata sebagai awalan percakapan. Padahal bisa saja orang tidak terlalu memikirkan diksi yang Anda gunakan sebab ada sederet pesan yang menunggu untuk direspons. Adam Lo Dolce, relationship coach, menyarankan untuk mengirim pesan yang ringkas dan manis. Kenapa? Orang pasti malas jika harus membaca pesan berupa paragraf super panjang.

Anda bisa mencoba dengan 'Howdy! Suka film thriller juga ya?' saat Anda tahu dia menyukai apa yang Anda sukai juga. Bisa juga berangkat dari foto profil yang dia unggah misalnya, 'Hey, you looked great on blue!'. Anda tidak perlu memikirkan kalimat pembuka yang panjang sebab Anda hanya perlu menarik perhatian si dia dan membuatnya menanggapi pesan Anda.

2. Sedikit genit

Pesan berupa 'Hey', 'Hai' atau 'Hi' jelas banyak yang mengirimkan apalagi sekilas dari profilnya, Anda tahu orang ini berpotensi untuk di-swipe right. Lo Dolce mengingatkan agar pesan Anda menonjol dari pesan-pesan lain yang masuk.

"Menggoda seseorang adalah cara luar biasa untuk membedakan diri dengan orang lain," ujar Lo Dolce mengutip dari Women's Health Magazine.

Sebaiknya jaga agar pesan tetap bernuansa pujian, menyenangkan, menunjukkan ketertarikan, bukan sesuatu yang bersifat judgemental atau menghakimi. Seperti apa? 'Serius enggak suka K-Pop? Coba deh dengerin lagu ini', 'Aku mulai kepikiran beli kaos gambar Sakura setelah liat kamu pakai kaos gambar Sasuke'.

Simak trik memulai obrolan lainnya di halaman berikut.


7 Trik Anti Basi untuk Mulai Obrolan di Dating Apps

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER