Tren Biro Jodoh

Jodoh Tak Kunjung Tiba, Biro Jodoh Bertindak

Yohannie Linggasari, CNN Indonesia | Kamis, 09/10/2014 16:03 WIB
Jodoh Tak Kunjung Tiba, Biro Jodoh Bertindak Kini sudah banyak biro jodoh yang memfasilitasi pencarian jodoh (ilustrasi thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dulu perjodohan dilakukan dengan bantuan mak comblang atau kerabat, tapi kini sudah banyak biro jodoh yang memfasilitasi pencarian jodoh. Klien cukup berikan detail sosok pria atau perempuan idaman, lalu menunggu biro jodoh bekerja. Bila beruntung, bisa menemukan pasangan hidup.

Dewasa ini, biro jodoh tampil dalam berbagai bentuk dan menawarkan berbagai fasilitas. Ada yang berbentuk online dan gratis, di mana klien cukup mendaftarkan diri dan mulai mencari melalui situs tersebut.

Informasi pribadi seperti agama, usia, pendidikan, pekerjaan, bahkan berat dan tinggi badan ditampilkan dalam situs tersebut. Foto orang yang bersangkutan juga terpajang dalam situs.


Bila tertarik, boleh juga langsung mengirimkan pesan. Pertemuan pun bisa langsung diatur sendiri. Soal jujur atau tidak, itu menjadi urusan orang bersangkutan. Maka tak jarang, ada kasus di mana ketika bertemu ternyata bukan orang yang ada di foto. Risiko ditanggung masing-masing.

Situs perjodohan muncul dalam berbagai bentuk. Beberapa situs bahkan secara terang-terangan mengkhususkan bagi klien yang beragama atau bersuku tertentu. Yang lainnya, memungkinkan pencari jodoh menemukan pasangan dari berbagai belahan dunia. Orang yang berorientasi seksual sejenis juga difasilitasi.

Bermacam biro jodoh

Di samping itu, ada biro jodoh yang menyediakan fasilitas lebih namun berbayar, seperti membantu memberikan pilihan pendamping yang mungkin cocok dengan pencari jodoh. Biro jodoh berbasis Jakarta, Heart Inc menawarkan konsultasi bagi pencari jodoh. Mereka melakukan seleksi kandidat dan menawarkan konseling bagi para klien.

Fasilitas seperti latihan kepribadian dan cara menata diri yang benar pun disediakan. Menurut pengelola Heart Inc, visual sangatlah penting karena menjadi kesan pertama saat mencari jodoh. Oleh karena itu, cara berdandan, berpakaian, dan berbicara menjadi penting diperbaiki.

Ada pula Perfect Match Jakarta yang memfasilitasi pencarian jodoh bagi pebisnis yang berdomisili di Jakarta dan berusia di atas 28 tahun. Pengelola juga menjamin privasi para klien.

Baru-baru ini, sebuah perusahaan biro jodoh asal Singapura, Lunch Actually membuka usahanya di Indonesia. Lunch Actually menawarkan konsep kencan makan siang, di mana pencari jodoh dapat langsung berinteraksi dan mencari kecocokan dengan pencari jodoh lainnya.

Pertama-tama, para pencari jodoh mendatangi kantor Lunch Actually untuk wawancara dan konsultasi. Setelah semua data terkait keinginan pencari jodoh telah didapatkan semua, pihak biro jodoh akan segera mencocokkan dengan calon yang lain.

Tanggal makan siang kemudian ditentukan dan itulah saatnya para pencari jodoh mencoba peruntungannya. Sebelumnya, biro jodoh ini juga telah membuka cabang di Hong Kong, Kuala Lumpur, dan Penang.