'Love You Love You Not', Film Adaptasi 'Mentah'

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Kamis, 13/08/2015 09:43 WIB
'Love You Love You Not', Film Adaptasi 'Mentah' Chelsea Islan, bintang utama Love You Love You Not. (CNNIndonesia Internet/Dok. Instagram/chelseaislan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bukan perkara mudah ketika seorang sineas memutuskan untuk mengadaptasi ataupun mendaur-ulang film yang berasal dari negara ataupun budaya berbeda.

Jangankan Indonesia, Hollywood pun kerapkali menghasilkan film adaptasi dari film lain dengan kualitas tak sebaik aslinya, bila tak ingin dikatakan hambar dan membosankan.

Namun bukan menjadi halangan Raam Punjabi, produser MVP Pictures untuk mengadaptasi film terlaris Thailand sepanjang masa, Ai Fai Thank You I Love You atau yang terkenal dengan judul I Fine Thank You I Love You, menjadi versi Indonesia.


Film Thailand yang dirilis tahun lalu tersebut merupakan karya Mez Tharatorn dan dibintangi oleh Sora Aoi, Puttachat Pongsuchat, dan Preechaya Pongthananikorn.

Setelah melihat film asal Thailand itu, Raam menggarap I Fine Thank You I Love You versi Indonesia dengan judul Love You Love You Not dan menggandeng Chelsea Islan juga Hamish Daud.

Kisahnya hampir dikatakan sebagian besar masih sama dengan film asli versi Thailand. Tentang perjalanan cinta seorang guru bahasa Inggris bernama Amira (Chelsea Islan) dengan muridnya, Juki (Hamish Daud).

Semula, Amira tidak berniat mengajar Juki. Namun lantaran Juki terdesak untuk mengejar mantannya yang pergi ke Amerika Serikat, maka Amira terpaksa membantu melancarkan bahasa Inggris-nya.

Lama kelamaan, hubungan guru-murid di antara keduanya pun berubah menjadi asmara. Namun kisah cinta mereka terhalang banyak perbedaan, juga kehadiran pria lain.

I Fine Thank You I Love You adalah film komedi romantis yang sukses membuat publik Thailand tertawa terbahak-bahak dengan kekonyolan naskah dan ke-lebay-an karakter yang ada.

[Gambas:Youtube]

MVP pun berusaha menghadirkan kekonyolan dan tingkat "lebay" yang sama di Love You Love You Not, namun yang terjadi tidak seperti apa yang diharapkan. Komedi yang dihadirkan terasa hambar dan terlalu maksa.

Film ini pun mengandung berbagai adegan baik kekerasan ataupun kemesuman bak ditelan mentah-mentah dari versi Thailand. Komedi mesum di film versi asli tampak tak cocok begitu diterapkan di Indonesia.

Plot dan alur cerita yang ditawarkan oleh Love You Love You Not pun seperti tak menyatu dari bagian satu ke bagian yang lain, sehingga membuat bingung penonton.

Kebingungan penonton diperparah dengan beberapa teknik pengeditan green screen yang buruk sehingga menjadikannya lawakan tersendiri.

Chelsea Islan juga tak menunjukkan perkembangan akting yang memadai. Perannya dalam film Di Balik '98 jauh lebih baik dibandingkan di  film anyar kali ini.

Hamish Daud menunjukkan penampilan yang luar biasa kala berjuang dengan masalah bahasa yang digunakan. Ia masih perlu meluweskan akting di depan kamera sehingga tak perlu terlihat dirinya tengah berakting.

[Gambas:Youtube] (end/vga)