Album Baru Drake Geser Rekor Streaming Ed Sheeran

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Selasa, 21/03/2017 09:15 WIB
Album Baru Drake Geser Rekor Streaming Ed Sheeran Album baru Drake, More Life, tercatat menggeser rekor ablum Ed Sheeran sebagai yang paling banyak didengar secara streaming di hari pertama perilisan. (REUTERS/Steve Marcus)
Jakarta, CNN Indonesia -- Album baru musisi Drake, More Life, telah mencatatkan rekor di hari pertama rilis dalam layanan musik streaming Spotify. Rekor tersebut menggeser Ed Sheeran yang selama dua pekan menyandang capaian tersebut.

Penyanyi hip-hop asal Toronto itu pada Sabtu lalu mengeluarkan More Life. Album tersebut berisi 22 lagu dengan unsur dansa Jamaika lebih kental serta melibatkan banyak rapper terkemuka.

Melansir AFP, juru bicara Spotify mengatakan More Life dimainkan lebih dari 61,3 juta kali di hari pertama, yaitu Sabtu lalu.

Angka ini melebihi capaian ÷ (Divide) milik Ed Sheeran yang meraih 56,7 juta kali streaming pada 3 Maret.


Layanan musik streaming Spotify tercatat memiliki lebih dari 100 juta pendengar, termasuk untuk pendengar gratis.

Drake juga memecahkan rekor sebagai lagu paling didengar secara streaming dibanding musisi lainnya hanya dalam satu hari, sekaligus menggeser Ed Sheeran.

Secara terpisah, Nielsen Music memprediksi More Life akan menjadi rilisan album terbesar sejauh ini di 2017 dalam tangga penjualan album Billboard dan Amerika Serikat.

Kesuksesan More Life datang meski Drake telah menggambarkan album ini sebagai playlist hingga perilisan penuh album tersebut nanti.

Tidak seperti album sebelumnya, Views, Drake merilis More Life di semua layanan streaming alih-alih memberikan secara eksklusif di Apple Music.

Drake diketahui memiliki hubungan dekat dengan layanan musik dari Apple itu.

Rekor Spotify telah berulang kali dipecahkan dan menjadi indikasi meningkatnya jumlah pendengar yang beralih ke layanan streaming dan permintaan akan musik yang tidak terbatas.