Giring Kaitkan Fenomena Artis 'Nyaleg' dengan Jokowi

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Senin, 23/07/2018 00:16 WIB
Giring Kaitkan Fenomena Artis 'Nyaleg' dengan Jokowi Vokalis Nidji, Giring, yang terjun ke dunia politik. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemilu 2019 akan diwarnai wajah-wajah yang kerap berseliweran di layar kaca. Ada lebih dari 50 artis yang bakal ikut terjun ke bursa calon anggota legislatif.

Menurut Giring Ganesha, vokalis Nidji yang belakangan terlibat dunia politik dengan menjadi kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI), fenomena itu menyusul kesuksesan Joko Widodo alias Jokowi.

"Gejala ini dimulai oleh Pak Jokowi, bagaimana seorang pengusaha mebel bisa menjadi Presiden," kata Giring seperti dilansir dari Antara, Minggu (22/7).


Jokowi memang berlatar belakang pengusaha. Ia kemudian menjadi Wali Kota Surakarta, Gubernur DKI Jakarta, hingga akhirnya terpilih sebagai Presiden Republik Indonesia pada 2014.

Menurut Giring, rekan-rekannya sesama artis juga ingin seperti Jokowi yang bisa mengabdi pada bangsa meski tak punya latar belakang politik.

"Jadi mungkin saja, artis-artis zaman sekarang berpikir bahwa kami juga bisa mengabdi untuk masyarakat. Bukan untuk menjadi presiden seperti Pak Jokwi, tapi menyalurkan ide-ide yang membangun," kata Giring.

Terlebih, Jokowi belakangan sering merangkul selebriti dengan mengundang mereka ke Istana, mengajak bertukar pikiran dan memberi ruang jika ada ide-ide dari kalangan kreatif.

Giring yakin, artis-artis Indonesia punya banyak ide soal bangsa karena sering keliling Indonesia, biasanya untuk pentas. Saat itulah mereka melihat potensi yang bisa digali.

Artis-artis yang masuk partai, kata Giring, biasanya ingin mendukung program Jokowi, terutama soal ekonomi kreatif. Jokowi memang bermimpi memajukan sektor itu. Ia membentuk Badan Ekonomi Kreatif dan sering memberi perhatian khusus soal musik, film serta budaya.

"Artis-artis itu mendukung kinerja pemerintahan Joko Widodo dan ingin Jokowi menjadi [presiden] lagi. Jika artis itu masuk dan Pak Jokowi [jadi presiden] dua periode, bisa membantu membuat UU yang sesuai ide-idenya," ujar dia.

Artis-artis yang mendaftar jadi bakal caleg termasuk Krisdayanti, Angel Karamoy, Kirana Larasati, Ian Kasela, Jeffrey Woworuntu, Harvey Malaiholo, Nafa Urbach, Olla Ramlan, Manohara Pinot, Wanda Hamidah, Tessa Kaunang, Syahrul Gunawan, Farhan, Jonathan Frizzy, Farhat Abbas, Tommy Kurniawan, Sundari Sukoco, dan masih banyak lagi.


(rsa/arh)