Trump, Obama dan Para Musisi Berduka untuk Aretha Franklin

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Jumat, 17/08/2018 08:20 WIB
Trump, Obama dan Para Musisi Berduka untuk Aretha Franklin Selebriti dan pesohor berduka atas kematian Aretha Franklin. (AFP PHOTO / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Dimitrios Kambouris)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kematian Queen of Soul Aretha Franklin membuat Amerika bersedih. Presiden AS Donald Trump pun menulis di Twitter bagaimana sang pelantun Respect akan dikenang semua orang.

"Dia adalah wanita yang hebat, dengan berkah luar biasa dari Tuhan, yakni suaranya. Dia akan dirindukan!" demikian Trump menulis di Twitter tak lama setelah kabar duka itu.


Putrinya, Ivanka Trump pun turut menulis di Twitter betapa ia menganggap Franklin sebagai sosok seniman yang genius. Ia berharap talenta musik Franklin bisa diturunkan.


Mantan Presiden Barack Obama pun mengenang Franklin. Katanya, sang penyanyi yang meninggal dalam usia 76 tahun membantu mendefinisikan Amerika melalui sejarah kariernya.











"Dalam suaranya, kita bisa merasakan sejarah kita-setiap lapisnya, kekuatan dan penderitaan kita, kegelapan dan pencerahan kita, pencarian kita akan penebusan dan kehormatan. Semoga sang Queen of Soul beristirahat dalam ketenangan abadi," tulisnya.

Selain pesohor politik, Franklin juga dikenang para selebriti, terutama musisi.


Penyanyi muda seperti Lady Gaga pun menyebut Franklin seorang legenda yang jiwanya tak mungkin bisa dilupakan. "Beristirahatlah dalam tenang, malaikat musik," tulisnya.

Shawn Mendes pun mendoakan agar Franklin beristirahat dalam tenang. Tak hanya mereka, Justin Timberlake dan Zendaya juga mengungkapkan kehilangan mereka lewat Twitter. Ellen DeGeneres dan Oprah Winfrey yang dikenal sebagai pesohor televisi juga berkabung.













Musisi-musisi gaek tak ketinggalan 'turun gunung' ke media sosial untuk Franklin, yang sudah sejak beberapa hari lalu disebut kritis dan dikelilingi keluarganya di Detroit.

Celine Dion misalnya, menyebut Franklin sebagai penyanyi yang paling inspiratif. Menurutnya, Franklin juga musisi sekaligus penyanyi terbaik sepanjang masa.

"Kekuatan suaramu dalam musik dan hak kemanusiaan membuka pintu bagi saya dan banyak orang lain. Kau adalah inspirasi saya, mentor saya dan teman saya," tulisnya di Twitter.











Franklin meninggal pada Kamis (16/8) setelah lama berjuang melawan kanker kelenjar getah bening yang diidapnya. Franklin menggebrak dunia musik dengan suaranya yang luar biasa sejak 1960-an. Ia langsung sejajar dengan penyanyi soul papan atas dunia.

Selama kariernya, Franklin telah mengumpulkan 18 Piala Grammy, termasuk satu piala Lifetime Achievement. Pada 1987, dia menjadi wanita pertama yang masuk dalam jajaran the Rock and Roll Hall of Fame. Sejumlah hit-nya yang terkenal adalah (You Make Me Feel Like) A Natural Woman, Day Dreaming, Jump to It, Freeway of Love, dan A Rose Is Still A Rose. (rsa)