Kolaborasi dengan Anak Tunanetra Buat Haru Yura Yunita

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Sabtu, 22/09/2018 18:26 WIB
Kolaborasi dengan Anak Tunanetra Buat Haru Yura Yunita Dalam album kedua Yura Yunita, 'Merakit', sebuah lagu bertajuk sama yang dibuat bersama anak tunanetra diakui memiliki pengalaman yang paling berkesan.. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penantian panjang album kedua Yura Yunita bertajuk Merakit akhirnya dirilis Jumat (21/9).

Dari sembilan lagu yang dinyanyikannya, penyanyi asal Bandung ini punya kesan paling mendalam untuk lagu yang juga berjudul Merakit.

Selain makna liriknya yang menceritakan perjalanan suka-duka Yura dalam industri musik, kolaborasi dengan para anak tunanetra memberi sentuhan berbeda pada lagu andalannya itu.



"Di lagu Merakit ini aku juga kolaborasi dengan teman-teman tunanetra dan itu benar-benar bikin semangat banget sih," jelas wanita bernama asli Yunita Rachman tersebut.

Yura mengaku salut dengan perjuangan mereka yang memiliki keterbatasan ini.

"Mereka dengan keterbatasannya masih berani menggampai mimpi. Kita justru yang dikasih kesempurnaan, kadang-kadang masih suka ngeluh. Tapi, dengan adanya mereka tuh energinya bener-bener luar biasa besar dan selama proses rekaman, semuanya nangis yang ada di studio," tambah penyanyi didikan Glenn Fredly ini.

Pertemuannya dengan kaum tunanetra pada bulan puasa lalu, diakui Yura menjadi salah satu sumber inspirasi pembuatan lagu ketika sedang menghadapi buntu ide.


"Di bulan puasa itu, aku lagi drop, buntu ide, dan banyak masalah. Saat aku datang ke sana, justru temen-temen tunanetra itu senang banget aku dateng dan hafal banget semua lagu aku. Mereka bilang ingin sekali jadi penyanyi seperti aku yang bebas berkarya," cerita finalis The Voice Indonesia 2013 itu.

Air mata haru Yura semakin mengalir ketika salah seorang anak tunanetra meminta foto bersama dengan dirinya. Merasa bingung karena keterbatasan penglihatan yang dimiliki anak tersebut, Yura lantas bertanya untuk apa fotonya nanti.

"Dia bilang ke aku kalau enggak apa-apa dia gak bisa lihat, yang penting di handphone-nya ada foto aku. Wah, di situ aku langsung nangis," ujar pelantun Cinta dan Rahasia ini.

Mengetahui bahwa bernyanyi adalah impian dari anak tunanetra tersebut, Yura segera merencanakan dan melangsungkan rekaman lagu bersama.

Album Merakit dirilis empat tahun setelah album pertamanya bertajuk Yura. Dalam album barunya akan diisi dengan beberapa single yang sudah pernah diperdengarkan, seperti Harus Bahagia, Intuisi, dan Takkan Apa. (tsy/rea)