Jokowi Beri Saran Peserta IMF-WB Dengar Dangdut untuk Bahagia

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 11/10/2018 19:59 WIB
Jokowi Beri Saran Peserta IMF-WB Dengar Dangdut untuk Bahagia Presiden Jokowi dalam pidato di hadapan delegasi dan peserta IMF-WB menyarankan mereka banyak mendengarkan lagu dangdut dari Indonesia agar lebih bahagia. ( CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Bali, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyarankan kepada delegasi dan peserta yang hadir dalam agenda tahunan Dana Moneter Internasional-Bank Dunia (IMF-WB) untuk mencari kebahagian dengan mendengarkan musik dangdut khas Indonesia.

"Saya sangat sarankan untuk mendengarkan banyak musik dangdut. Musik ini adalah salah satu musik paling bahagia di dunia," ucap Jokowi di Bali, Kamis (11/10).

Pengalaman kebahagian Jokowi karena mendengarkan musik dangdut sebelumnya bisa dilihat langsung saat pembukaan Asian Games 2018 belum lama ini.



Saat itu, Via Vallen sedang menyanyikan lagu berjudul Meraih Bintang yang dibawakan dengan nuansa dangdut.

"Bahkan saya 'ditangkap' baru-baru ini terinfeksi dengan musik dangdut Indoensia," kata Jokowi.

Ia mengklaim Indonesia merupakan salah satu negara yang bisa membawa kebahagiaan bagi siapa pun pengunjungnya.

Jokowi sadar jika Indonesia bukan negara terkaya di dunia dan tak masuk sebagai negara maju.

"Tapi kami [orang Indonesia] paling bahagia di dunia, jadi apa yang membuat orang Indonesia bahagia? Itu adalah salah satu pekerjaan rumah Anda untuk menemukannya," kata Jokowi.


Untuk itu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini memberikan saran agar peserta atau delegasi IMF-WB untuk berwisata demi menemukan hal-hal yang membuat orang Indonesia bahagia.

Tentu, peserta dan delegasi IMF-WB harus rela merogoh kantongnya untuk pelesiran.

"Mungkin Anda harus menghabiskan beberapa dolar Anda untuk pariwisata untuk mencari tahu [kebahagiaan orang Indonesia]," jelas Jokowi.

Mengutip salah satu survei, Jokowi menyebut masyarakat Indonesia disebut-sebut sebagai manusia yang paling optimistis tahun ini. Sementara itu, masyarakat Indonesia juga dinilai paling bahagia nomor delapan pada 2018. (aud/end)