'Keluarga Cemara' Tak Akan Berakhir Hanya dalam Film

CNN Indonesia | Rabu, 14/11/2018 06:48 WIB
'Keluarga Cemara' Tak Akan Berakhir Hanya dalam Film Produser film 'Keluarga Cemara' mengaku ada visi panjang tentang kisah keluarga karangan Arswendo Atmowiloto tersebut. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Produser film Keluarga Cemara, Anggia Kharisma, berencana menggarap produk turunan cerita Keluarga Cemara. Produk tersebut akan digarap setelah film itu rilis.

"Kesempatan [membuat] serial [televisi] enggak akan kami sia-siakan. Kami juga akan menyiapkan serial situs," kata Anggia saat jumpa media di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (13/11).

Anggia mencontohkan produk turunan film Keluarga Cemara seperti film Filosofi Kopi (2015), yang tempat lokasi syutingnya dijadikan toko kopi sungguhan bertajuk sama.


Kemudian Visinema Pictures, selaku rumah produksi, juga membuat serial situs Filosofi Kopi yang tayang lewat YouTube. Serial itu dirilis secara berurutan sebelum Filosofi Kopi 2: Ben & Jody (2017) rilis.


"Kami juga berencana membuat satu tempat yang bisa memberikan pengalaman tinggal di rumah keluarga Cemara. Kami buat satu universe yang bisa kita angkat dari film," kata Anggia.

"Banyak proses dan niat dari kami yang entah bisa lanjut sampai 2020-an mungkin. Karena sejatinya Keluarga Cemara enggak hanya sampai film ini."

Rumah yang dijadikan syuting film Keluarga Cemara terdapat di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Kisah Keluarga Cemara merupakan karya Arswendo Atmowiloto yang muncul dalam majalah Hai sejak 1970-an.

Keluarga Cemara bercerita tentang keluarga kaya yang mendadak miskin. Abah, Emak, Euis, Ara dan Agil adalah anggota keluarga tersebut.


Keluarga Cemara sempat diadaptasi dalam bentuk novel. Kemudian kisah itu diadaptasi dalam bentuk sinetron pada Oktober 1996 sampai Agustus 2004 lewat 412 episode.

Film Keluarga Cemara yang disutradarai Yandy Laurens ini dijadwalkan rilis 3 Januari mendatang. Namun film ini akan tayang perdana di Jogja-Netpac Asian Film Festival 2018 dari 27 Desember sampai 4 Desember.

Karakter Abah akan diperankan aktor Ringgo Agus Rahman, karakter Emak diperankan aktris Nirina Zubir, karakter Euis diperankan Adhisty Zara dan karakter Ara diperankan Widuri Putri.

Selain itu juga ada Asri Welas sebagai Ceu Salmah, Maudy Kusnaedi sebagai Tante Pressier, Yasamin Jasem dan Kafin Sulthan yang akan berperan sebagai teman Euis.

[Gambas:Youtube] (adp/end)