Tiket Konser BLACKPINK Dijual 'Gelap' di Twitter

CNN Indonesia | Jumat, 07/12/2018 19:22 WIB
Tiket Konser BLACKPINK Dijual 'Gelap' di Twitter Banyak fan mengeluh kehabisan tiket konser BLACKPINK. Namun ternyata ada banyak juga yang dijual secara 'gelap' di media sosial. ( Dok. YG Entertainment)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penjualan tiket konser BLACKPINK yang dibuka mulai hari ini, Jumat (7/12) sejak pukul 14.00 WIB, ternyata mengundang keributan di media sosial. Banyak fan mengeluh tak mendapatkan tiket alias kehabisan atau pun banyak gangguan.

Namun ternyata sejumlah pihak menjual tiket yang mestinya didapat di laman penjualan tertentu tersebut di media sosial. Hal ini diprotes oleh sejumlah fan lainnya.

"Kirain tiket BLACKPINK habis cepat karena habis oleh KPoper garis keras, rupanya banyak yang beli buat dijual lagi lebih mahal," kata akun @ivanstria.




"Mohon perhatiannya dong yang buat enggak berniat nonton BLACKPINK atau cuma berniat iseng buat beli tiket BLACKPINK terus dijual lagi nantinya, mending stop dulu ya sista-sistaku! Kasihan yang mau fix beli enggak kebagian, kayak gue contohnya," kata akun @fenaangelkwn.



"Aku kesal sumpah. Sistem penjualannya ribet banget, mau nangis aku. Padahal udah minta tolong sama temen sebelah aku tolong klik kalau dapet, tapi enggak dapet-dapet juga," keluh akun @gloriyourikka.




Menurut pantauan CNNIndonesia.com di laman penjualan tiket konser BLACKPINK, Jumat (7/12) petang, sejumlah kategori memang telah habis terjual.

Sejumlah kategori tersebut adalah Bronze Left dan Right seharga Rp1,1 juta, Jade seharga Rp1,45 juta, Silver Right dan Left seharga Rp1,65 juta, Bronze Left dan Right + Sound Check seharga Rp1,65 juta, Gold seharga Rp1,95 juta, Silver Left dan Right + Sound Check seharga Rp2,2 juta, dan Gold + Sound Check seharga Rp2,5 juta.

Di luar kategori tersebut tercantum "Sementara Habis Terjual".

CNNIndonesia.com sempat berhasil mencoba memilih tiket, namun gagal ketika akan memilih kursi karena tombol nomor kursi tak bisa dipilih.

Sementara di laman resmi banyak fan yang tak bisa mendapatkan tiket, ranah media sosial begitu ramai dengan penawaran penjualan tiket kembali oleh fan yang sebagian besar baru memesan namun belum membayar.


Kondisi memesan namun belum melakukan pembayaran tersebut menyebabkan kategori berstatus "sementara habis terjual". Kategori itu akan kembali memiliki tiket lowong ketika pemesan tiket tak kunjung membayar hingga waktu yang ditentukan telah habis.

Bagi beberapa fan, ternyata ini merupakan peluang lain untuk mengambil keuntungan dengan menjual kembali tiket konser dengan tambahan biaya.

"WTS [want to sell / ingin dijual] BLACKPINK, PLATINUM B / RUBY C. Fee [biaya] per tiket cuma Rp150 ribu ya, asal bisa bayar sebelum tiket kedaluwarsa," kata akun @MOONBINITE.



"Ready 2 tiket DIAMOND C BLACKPINK in Your Area. Fee Rp200 ribu. Yang mau bisa reply, DM [direct message / hubungi langsung] atau chat," kata akun @Lesungpipinyasi.



"WTS tiket BLACKPINK, untuk detailnya bisa DM," kata akun @juneeeeeeda.



Jumlah biaya tambahan yang dipatok oleh calo dari kalangan fan ini membuat harga tiket jadi lebih mahal.

Seperti yang diunggah akun @jihuniang yang menjual tiket kelas Diamond A seharga Rp2.5 juta ditambah dengan tawaran khusus sehingga harganya melonjak menjadi Rp3,2 juta.






Menurut laman penjualan resmi tiket konser BLACKPINK, tidak ada larangan jumlah pembelian tiket oleh masing-masing individu. Selain itu, tidak ada keterangan yang mengatakan bahwa pembeli dilarang untuk memperjualbelikan tiket yang sudah didapat.

Akan tetapi, promotor konser BLACKPINK, IME Indonesia sudah memberikan peringatan kepada fan untuk hanya membeli tiket konser di laman resmi penjualan meski tak memberikan klausul tambahan seandainya ada fan yang bertindak sebagai calo.

"Harap membeli tiket hanya dari partner resmi kami. iMe Indonesia tidak bertanggung jawab akan pemalsuan tiket dari pihak lain," kata pihak promotor dalam unggahan tanya-jawab seputar pembelian tiket.

[Gambas:Instagram]

Kekisruhan ini menggerakkan sejumlah fan lainnya untuk meminta sesama penggemar alias BLINK agar tidak terburu-buru membeli tiket dari para calo yang belum jelas akurasinya.

"Untuk BLINK, diharapkan untuk tidak gegabah dan tidak tergesa-gesa dalam hal pembelian tiket konser. Tolong untuk teliti dan tidak tergiur tawaran apa pun yang sekiranya kurang meyakinkan," kata akun @laliceic.



"Yang beli tiket BLACKPINK tolong hati-hati. Yang ada fee-nya bisa menipu apa lagi tiba-tiba enggak ada fee. Jangan gegabah beli. Terutama yang jual terlalu agresif," kata akun @hmmboji.



Hingga berita ini ditayangkan, CNNIndonesia.com masih berusaha menghubungi pihak promotor konser BLACKPINK Jakarta In Your Area yang rencananya diadakan pada 20 Januari 2019, namun belum mendapatkan tanggapan.

[Gambas:Youtube] (end)