Stephen King Tak Pernah Sentuh Royalti 'Shawshank Redemption'

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 21/12/2018 20:47 WIB
Stephen King Tak Pernah Sentuh Royalti 'Shawshank Redemption' Stephen King disebut membingkai cek tersebut dan mengirimkan kembali kepada sang sutradara. (Foto: Dia Dipasupil/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah karya penulis Stephen King telah banyak diadaptasi menjadi sebuah film layar lebar. Salah satu yang terpopuler yakni Shawshank Redemption garapan sutradara Frank Darabont pada 1994.

Namun ternyata, di balik itu terungkap bahwa King tak pernah mencairkan dana dalam cek royalti atas film tersebut.

Pada akhir 1980-an, Darabont membeli hak untuk mengadaptasi novel King yang berjudul Rita Hayworth and Shawshank Redemption (1982). Atas kinerjanya tersebut, ia meraih sejumlah nominasi kategori bergengsi di ajang penghargaan Oscar tahun 1995, termasuk Best Picture dan Best Writing, serta Screenplay Based on Material Previously Produced or Published.



Selain itu, film yang dibintangi Tim Robbins dan Morgan Freeman itu pun ditetapkan sebagai film terbaik sepanjang masa versi IMDB dengan rating 9.3. Laman Rotten Tomatoes bahkan memberinya rating 98 persen.

Menurut laporan The Wall Street Journal yang dikutip NME, saat itu King diberikan royalti berupa cek senilai US$5 ribu. Hanya saja ia tak pernah mencairkan dana itu dan malah mengembalikannya ke sang sutradara.

"Bertahun-tahun setelah Shawshank dirilis, penulis membingkai cek yang diterima dan mengirimnya kembali ke sutradara dengan sebuah pesan tertulis, 'Jika kau membutuhkan uang jaminan. Love, Steve,'" demikian pernyataan dalam laporan itu.

Meski pada akhirnya film ini tak mengantongi satu pun piala Oscar, tapi Shawshank Redemption memiliki nilai aset tertinggi dalam arsip Warner Bros yakni sebesar US$1,5 miliar (Rp21,8 triliun).


Shawshank Redemption bercerita tentang Andy Dufresne (Tim Robbins) yang dihukum penjara dua kali masa hidup berturut-turut atas pembunuhan istri dan kekasihnya. Namun, hanya Andy yang tahu bahwa dia tidak pernah melakukan kejahatan apalagi membunuh orang yang dicintai.

Dia pun hanya pasrah menjalani hukuman dan membangun persahabatan dengan Red (Morgan Freeman) di dalam penjara. Di sisi lain, ia juga mengalami kebrutalan kehidupan penjara, beradaptasi, membantu kepala penjara, dan lainnya selama 19 tahun. (rea/rea)