'Jadi Wanita', Persembahan NonaRia untuk Wanita

Tim, CNN Indonesia | Senin, 22/04/2019 11:21 WIB
'Jadi Wanita', Persembahan NonaRia untuk Wanita Melalui lagu 'Jadi Wanita', NonaRia menilai bahwa wanita zaman sekarang memiliki kebebasan untuk memilih, mulai dari gaya hingga pekerjaan. ( CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Grup NonaRia merilis single terbaru bertajuk Jadi Wanita. Lagu yang dirilis secara digital itu dirilis pada Hari Kartini yang jatuh pada Minggu (21/4) kemarin.

Lagu berdurasi tiga menit ini bercerita tentang perempuan Indonesia yang hidup di zaman kiwari alias kekinian. Perempuan diceritakan memiliki kebebasan untuk memilih gaya hingga pekerjaan.

"Jaman sekarang banyak lho profesi lelaki yang sudah dijalankan kaum wanita. Dalam keseharian, saya sering menjumpai bis Trans Jakarta dikemudikan wanita," kata vokalis Nesia Ardi dalam siaran pers yang diterima CNNIndonesia.com.


Nesia merupakan penulis lagu ini. Sama seperti album perdana yang rilis Januari 2018 lalu, Nesia masih menulis lagu dengan lirik sederhana yang mudah dipahami. Seperti penggalan lirik berikut:

Boleh bergaya bermacam rupa,
Kini wanita bebas suaranya!
Boleh bekerja, apapun bisa,
Kini wanita bebas merdeka!


Penggalan lirik tersebut merupakan bagian reff yang dinyanyikan secara berulang. Pemilihan bagian tersebut adalah tepat lantaran pesan NonaRia dapat tersampaikan dengan jelas.

Dari segi musik, grup yang terbentuk sejak 2015 ini masih konsisten genre jazz swing dan ragtime yang tenar pada dekade 1950-an. Bedanya, dalam lagu ini terdapat sentuhan Latin yang terasa pada ketukan serta suara kontra bass di awal lagu.

Grup tiga perempuan itu sebelumnya mengaku tengah menyiapkan album kedua. Pemain biola mereka, Yashinta Pattiasina menjelaskan, lagu-lagu dalam album itu bakal mengambil inspirasi dari fenomena sosial. Salah satunya tentang pelecehan seksual terhadap perempuan.


Yashinta mengakui, ia sendiri pernah mengalami pelecehan seksual, saat tergabung dalam salah satu grup orkestra di Jakarta. Sepanjang latihan sebelum tampil, seorang personel laki-laki mendekatinya dengan cara yang kurang baik. Itu masih dibiarkan.

Ketika tampil, personel yang tak disebut namanya oleh Yashinta itu berusaha menginjak rok panjangnya. Yashinta pun melawan dan melaporkan kejadian tersebut ke manajemen orkestra.

"Saya bilang enggak mau main kalau ada orang itu, karena mengancam keselamatan saya. Itu lumayan traumatis dan sampai mimpi buruk tiga hari ke depan," kata Yashinta.

Dari pengalaman itu Yashinta belajar bahwa pelecehan dalam bentuk apa pun harus dilawan, walau seringnya korban merasa takut saat kejadian itu terjadi. Saksikan penampilan NonaRia di Music at Newsroom CNNIndonesia.com di sini.

[Gambas:Youtube] (adp/end)