Agensi Tindak Penjualan Merchandise Tak Resmi di Konser BTS

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 02/05/2019 10:34 WIB
Agensi Tindak Penjualan Merchandise Tak Resmi di Konser BTS Agensi Big Hit Entertainment memilih jalur pengadilan untuk mengatasi penjualan merchandise tak resmi di luar lokasi konser BTS. (Big Hit Entertainment)
Jakarta, CNN Indonesia -- Agensi BTS Big Hit Entertainment memasukkan gugatan ke pengadilan California, AS, setelah mereka mendapati penjualan merchandise tak resmi di luar lokasi konser boyband Korea Selatan itu.

Dilansir dari Soompi, Billboard melaporkan bahwa Big Hit resmi menggugat pada 25 April lalu, dengan klaim hak eksklusif atas merek BTS. Pihak agensi juga disebut meminta otorisasi pengadilan untuk menyita dan menghancurkan semua merchandise tak sah yang dijual di luar konser BTS.

Menurut Big Hit, merchandise tak resmi itu berupa buku program dan tur, kaos, seragam, kaos lengan panjang, topi, kacamata, poster, pin kecil dan disebut 'mencederai reputasi' BTS dan Big Hit sendiri lantaran mutu yang tidak baik.


Dalam pengaduannya itu, Big Hit juga mengutip pelanggaran Undang-undang Lanham, KUH Perdata California dan Kode Bisnis & Profesi California. Sebagai tambahan, mereka menyatakan bahwa perusahaan seharusnya berhak atas kerusakan akibat kehilangan pendapatan karena perdagangan tak sah tersebut.


Saat ini BTS disebut tengah dalam persiapan untuk tur dunia 'Love Yourself: Speak Yourself' dengan jadwal terdekat di Stadion Rose Bowl di Pasadena, California pada 4 dan 5 Mei. Sejauh ini, tercatat delapan stadion yang akan jadi lokasi konser BTS di Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa dan Asia.

Bisa dibilang BTS adalah boyband Korsel paling populer dalam beberapa tahun terakhir. Baru-baru ini, mereka merilis album 'Map of the Soul: Persona' dengan single bertajuk 'Boy With Luv', berkolaborasi bersama penyanyi Halsey. Baik single maupun album sama-sama mendapat perhatian amat luas, terutama karena jejak internasional BTS yang semakin kuat di AS dan Eropa.

Salah satu penampilan yang mengguncang adalah di acara Saturday Night Live di pertengahan April lalu. Media sosial Twitter dan Instagram pun seketika hiruk pikuk oleh tagar #BTSxSNL, di mana banyak publik figur mengaku merasa kagum dan heran melihat BTS dan dampak yang diakibatkan terhadap gadis-gadis muda di AS.

BTS pertama kali memulai debut pada 2013. Mempunyai tujuh orang personel, BTS melengkapi diskografi dengan 'Dark & Wild' (2014), 'Wings' (2016) dan 'Love Yourself: Tear' (2018), sementara daftar berbeda dirilis dalam album-album berbahasa Jepang, yaitu 'Wake Up' (2014), 'Youth' (2016) dan 'Face Yourself' (2018). Sebelum rilisnya pada 12 April lalu, tiga juta orang telah memesan album terbaru 'Persona'.

[Gambas:Video CNN] (rea)