Bella Hadid Minta Maaf usai Pose Kaki 'Injak' Bendera Arab

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 18/06/2019 19:50 WIB
Bella Hadid Minta Maaf usai Pose Kaki 'Injak' Bendera Arab Bella Hadid disebut rasis. (Dimitrios Kambouris/Getty Images for Michael Kors/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Model Bella Hadid menyampaikan permintaan maafnya setelah membuat sejumlah orang merasa tersinggung akan unggahan terbarunya di Story Instagram.

Kontroversi itu berawal saat Hadid mengunggah foto yang menampilkan kaki dan sepatunya di jendela bandara dengan latar belakang pesawat dari Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

Para netizen kemudian merasa kesal dan menilainya tidak sopan karena menaruh kaki ke arah bendera yang ada di bagian ekor pesawat. Tak ayal, hal itu memicu kritikan di Twitter dan munculnya tagar #BellaHadidIsRacist. Bahkan, ada juga yang meminta agar pemilik brand seperti Dior dan Calvin Klein memutuskan kerja sama dengan Hadid untuk iklan mereka.


Menanggapi hal tersebut, Hadid pun buka suara dan menyampaikan permintaan maafnya lewat media sosial dalam bahasa Inggris dan Arab. Dia menegaskan bahwa foto itu sama sekali tak berhubungan dengan politik dan murni hanya kesalahannya.


"Saya mengunggah ini untuk menjernihkan beberapa hal yang telah membebani hati saya," tulis Hadid di Story Instagram pada Senin (17/6) kemarin.

"Sebagai permulaan, saya tidak akan pernah ingin unggahan atau platform saya digunakan untuk kebencian terhadap siapa pun, terutama warisan saya yang indah dan kuat. Saya sangat mencintai dan peduli tentang sisi Muslim dan Arab dari keluarga saya, serta saudara-saudari di seluruh dunia," ia melanjutkan, sembari memuji Timur Tengah.

Sang model berusia 22 tahun pun tak henti menyatakan rasa hormatnya pada Timur Tengah. Dia juga mengatakan bahwa dirinya tak akan membiarkan siapa pun meremehkan negara tersebut.

"Saya hanya ingin menyebarkan cinta, dan keindahan sejati, seperti cara saya diajari oleh Teta [sebutan nenek di Arab] dan ayah saya. Dan merasa seolah saya telah mengecewakan kalian adalah hal yang paling menyakitkan bagi saya," ungkapnya lagi.



Hadid kemudian mengklarifikasi, saat menjepretkan kamera ke kakinya, ia sama sekali tidak berpikir soal latar foto itu. Ia tidak berniat menjatuhkan atau bersikap tak sopan pada bendera Arab Saudi dan Uni Emirat Arab yang tertera di ekor pesawat.

"Saya tidak akan pernah bermaksud untuk tidak menghormati maskapai penerbangan ini, apalagi negara-negara yang menakjubkan ini. Saya sangat suka maskapai ini, pesawat dan orang-orangnya yang terbaik," katanya sembari berjanji untuk lebih hati-hati ke depannya.

"Ini tidak akan pernah terjadi lagi, dan saya harap kalian bisa memahami kesalahpahaman ini," katanya kepada para penggemarnya, seraya berjanji akan lebih bertanggung jawab.

Hanya saja, tidak semua orang menerima permintaan maafnya.



"Saya tidak pernah menyukaimu dan sekarang saya punya alasannya untuk tetap membencimu," kata seorang pengguna Twitter.

"Kami tahu dia [Hadid] sengaja melakukannya, dan meminta maaf karena dia takut akan pekerjaannya, bukan karena rasa hormat. #BellaHadidIsRacist," kata yang lain di Twitter.

(agn/rsa)