Elton John akan Terima Penghargaan dari Presiden Prancis

AFP, CNN Indonesia | Rabu, 19/06/2019 05:37 WIB
Elton John akan Terima Penghargaan dari Presiden Prancis Elton John akan terima penghargaan dari Presiden Prancis. (REUTERS/Mario Anzuoni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Elton John menerima penghargaan tertinggi untuk sipil dari pemerintah Prancis pekan ini. Itu karena John menyertakan Prancis sebagai bagian dari tur perpisahannya.

Penghargaan itu bernama Legion d'Honneur. Adalah Presiden Prancis, Emmanuel Macron sendiri yang langsung menyematkannya untuk John di Elysee Palace, Jumat (21/6) mendatang.

Juru bicara untuk Macron memuji John sebagai "pianis yang ahli, seorang genius melodi dan penampil sejati." Mereka juga menghormati musisi yang hidupnya dijadikan sorotan dalam biopik Rocketman itu sebagai "salah satu artis gay pertama yang punya keberanian untuk menyatakannya dan memberi suara pada komunitas LGBT di media."
Saat menerima penghargaan dari Macron Jumat mendatang, John tidak akan ikut tampil. Meski begitu, ia diperbolehkan berpromosi soal kegiatan amal yang juga dilakoninya.


Di samping dikenal sebagai musisi yang hidupnya berpusar pada seks, obat-obatan terlarang dan ketenaran sebagai rock n roll, John juga getol bicara soal hak bagi kaum LGBT dan berkampanye soal penyebab AIDS. Ia punya yayasan untuk memerangi AIDS, TBC dan malaria.

Elton John AIDS Foundation telah didirikannya sejak 1992, hanya beberapa bulan usai Freddy Mercury temannya meninggal karena penyakit itu. Sejak itu, Elton John AIDS Foundation sudah dapat menghasilkan lebih dari US$400 juta atau setara Rp5,7 triliun.


Tahun lalu, John mengumumkan akan pensiun dari tur global karena ingin menghabiskan waktu lebih banyak bersama anak-anaknya. Ia pun mengadakan 'Farewell Yellow Brick Road' sebagai tur perpisahan, yang diawali di Pennsylvania pada September lalu.

Prancis termasuk yang ia lalui. John tampil di Lille pada Selasa (18/6), kemudian pindah ke Paris pada Kamis (20/6), yang dilanjutkan ke Bordeaux dan Nimes. (rsa)