Mengenal Liu Yifei, Aktris Laga China Pemeran 'Mulan'

Tim, CNN Indonesia | Senin, 08/07/2019 14:14 WIB
Mengenal Liu Yifei, Aktris Laga China Pemeran 'Mulan' Nama aktris Liu Yifei mendadak jadi perbincangan usai Disney mengenalkan ia sebagai pemeran salah satu karakter ikonis, 'Mulan'. (Disney Enterprises, Inc/Stephen Tilley)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nama aktris Liu Yifei mendadak menjadi perbincangan usai Disney mengenalkan dirinya sebagai pemeran salah satu karakter ikonis raksasa perusahaan bisnis anak-anak itu, Mulan.

Kala itu, pada Agustus 2018, Disney hanya mengenalkan Liu Yifei hanya melalui sebuah foto di Instagram. Namun tak banyak yang mengetahui kemampuannya untuk memerankan sosok Mulan.

Kini aksi Yifei sebagai putri prajurit Disney itu dipamerkan Minggu (7/7) malam waktu Indonesia melalui teaser trailer Mulan.


Dalam trailer tersebut, ia tampil dalam berbagai adegan, mulai dari melakukan kegiatan rumah tangga, bertempur di medang perang dan memanah.

[Gambas:Instagram]


Yifei tergolong belum terlalu dikenal di industri film internasional karena memang belum pernah tampil dalam film Hollywood. Mulan menjadi film Hollywood pertama yang ia bintangi.

Menengok ke belakang, Yifei lahir di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China, pada 25 Agustus 1987 dengan nama An Feng. Ayahnya bernama An Shaokang, seorang dosen bahasa Prancis dan bekerja di Kedutaan Besar China untuk Prancis dan ibunya bernama Liu Xiaoli merupakan penari.

Kedua orang tuanya berpisah saat Yifei berusia sepuluh tahun. Kala itu Yifei memilih tinggal bersama ibunya dan mengubah nama menjadi Liu Ximeizi yang diambil dari nama keluarga ibunya.

[Gambas:Instagram]

Sejak tinggal bersama ibunya, Yifei mulai aktivitas di bidang tari, model dan musik. Mereka berdua juga pindah ke New York, Amerika Serikat, dan Yifei menimba ilmu di sana selama lima tahun sampai 2002.

Pada tahun yang sama, Yifei mendapat kewarganegaraan Amerika Serikat. Namun ia memilih kembali ke China untuk mendalami karier akting dan mengubah nama menjadi Liu Yifei.

Beruntung, ia berhasil masuk Beijing Film Academy yang merupakan institusi film terbesar di China.


Sembari belajar, Yifei juga bermain film sampai akhirnya lulus pada 2006. Ia tercatat pernah bermain film Love of May (2004), The Love Winner (2004) dan Abao's Story (2006).

Setelah lulus, ia semakin aktif main film seperti The Forbidden Kingdom (2008), Love in Disguise (2010) dan The Assassins (2012).

Yifei sebelumnya dipastikan mendapat peran Mulai pada November 2017 dan dikenalkan oleh Disney pada Agustus 2018. Disney mengklaim memilih Yifei setelah melakukan casting selama satu tahun dari seluruh dunia.

Aktris 31 tahun ini tampak tidak akan kesulitan berperan sebagai Mulan yang cukup banyak adegan laga. Pasalnya dalam film The Forbidden Kingdom dan The Assassins, ia kebagian berperan dalam adegan laga.
Aksi Liu Yifei di film 'Mulan'. Aksi Liu Yifei di film 'Mulan'. (dok. Walt Disney Pictures)
Namun Liu Yifei sebenarnya menanggung beban cukup berat memerankan Mulan mengingat adaptasi animasi versi 1998 amat sukses. Kala itu suara karakter Mulan disulih oleh Ming Na Wen dan suara ketika bernyanyi disulih oleh Lea Salonga.

Mulan mengisahkan pergulatan batin dan perjuangan seorang wanita muda yang menyamar menjadi pria untuk bergabung melawan musuh dari utara yang menyerang China.

Kisah ini terinspirasi dari kisah legenda tentang Hua Mulan, seorang pejuang wanita China dari periode dinasti Utara dan Selatan (420-589 Masehi), dan muncul pertama kali dalam kisah 'Ballad of Mulan'.

[Gambas:Youtube]

Dalam kisah Ballad of Mulan, Hua Mulan mengambil peran sang ayah dalam pasukan kerajaan. Ia bertarung selama 12 tahun dan mendapatkan kehormatan tertinggi, namun ia menolak semua penghargaan dan memilih pensiun kembali ke kampungnya.

Disney pun memastikan kisah yang sama akan muncul dalam film live-action ini. "Putri tertua dari seorang prajurit terhormat, Hua Mulan bersemangat, bertekad, dan gesit di atas kakinya sendiri," kata Disney dalam pernyataannya, dikutip dari Entertainment Weekly.

Film live action Mulan ini akan disutradarai oleh Niki Caro yang naskahnya ditulis oleh Rick Jaffa dan Amanda Silver. Proyek ini rencananya akan mengambil lokasi syuting di Selandia Baru dan China, serta tayang di bioskop pada Maret 2020. (adp/end)