Jadi Duta UNICEF, Nicholas Saputra Akan Bela Hak Anak

CNN Indonesia | Senin, 11/11/2019 20:12 WIB
Jadi Duta UNICEF, Nicholas Saputra Akan Bela Hak Anak Nicholas Saputra mengaku dirinya terpanggil untuk ikut bergabung karena percaya hak anak yang terpenuhi akan membuat dunia jadi lebih baik. (Detikcom/Ismail/detikHOT)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aktor Nicholas Saputra ditunjuk sebagai Duta Nasional UNICEF yang baru pada Senin (11/11). Ia disebut akan memperjuangkan hak-hak anak dan angkat suara atas berbagai isu yang dihadapi kaum muda Indonesia.

"Saya merasa terhormat diberikan kepercayaan sebagai Duta UNICEF di Indonesia," kata pria yang disapa Nico, berdasarkan siaran pers yang diterima CNNIndonesia.com.

"Saya terpanggil menjadi aktivis karena saya peduli akan masa depan bangsa Indonesia. Saya percaya, bahwa untuk menciptakan dunia yang lebih baik untuk anak, kita harus mulai dengan memastikan agar hak setiap anak Indonesia terpenuhi," tambahnya.


[Gambas:Instagram]

Sejak 70 tahun yang lalu, UNICEF menyatakan telah melihat dampak besar dari kemitraan dengan tokoh-tokoh masyarakat untuk menyoroti situasi dan permasalahan yang dialami anak di seluruh dunia.

Sebagai sosok terkenal, para figur publik ini menggunakan bakat dan popularitas mereka untuk membela hak- hak anak dan mendukung misi UNICEF untuk memastikan setiap anak mendapatkan haknya terhadap kesehatan, pendidikan, kesetaraan, dan perlindungan.

"Kami bangga dapat menyambut Nicholas Saputra menjadi bagian dari keluarga UNICEF," kata Debora Comini, selaku Perwakilan UNICEF Indonesia.

"Ia punya komitmen kuat terhadap isu-isu sosial dan keinginan untuk menciptakan perubahan. Saya yakin kehadirannya akan bantu memperkuat kerja-kerja advokasi kami untuk hak-hak anak."

Pada Desember mendatang, UNICEF bersama Nicholas Saputra akan mulai bekerja untuk meningkatkan kesadaran mengenai kebutuhan memperbaiki mutu layanan air dan sanitasi serta praktik kebersihan dasar.

Setiap tahun, sekitar 150 ribu anak Indonesia meninggal karena penyakit yang dapat dicegah. Penyebabnya adalah kualitas rendah sanitasi yang mengancam kesehatan dan perkembangan anak.

"Saya belajar banyak mengenai pentingnya sanitasi saat berkunjung ke Nusa Tenggara Timur untuk melihat kerja-kerja UNICEF di sana," kata Nico.

"Pengalaman itu membuka mata saya dan membuat saya ingin turut melakukan sesuatu karena setiap anak berhak untuk hidup di lingkungan yang aman dan bersih," katanya.

Nicholas Saputra akan bergabung dengan aktor Ferry Salim yang telah menjadi Duta Nasional UNICEF di Indonesia sejak 2014. Sementara, tugas Duta Global UNICEF sendiri diemban oleh David Beckham sejak 2005, kemudian Orlando Bloom dan Selena Gomez sejak 2009. (agn/end)