Curhat BTS Hadapi Masalah Hubungan Antarmember

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 20/11/2019 16:32 WIB
Curhat BTS Hadapi Masalah Hubungan Antarmember Bangtan Boys, atau BTS mengungkapkan butuh kerja keras demi menyatukan tujuh member dengan latar belakang berbeda-beda. (dok. Big Hit Entertainment via TikTok)
Jakarta, CNN Indonesia -- BTS mengungkapkan sering sekali menghadapi permasalahan antarmember. J-Hope mengatakan permasalahan terjadi jauh sebelum debut karena ketujuh member memiliki latar belakang yang berbeda-beda.

"Pernah sering bermasalah karena kami memiliki latar belakang dan kepribadian yang berbeda. Tapi kami mengatasi itu dengan saling berkomunikasi dan tinggal bersama dalam waktu lama," kata J-Hope dalam wawancara bersama Paper Magazine.

J-Hope mengatakan saat ini tiap member BTS bisa mengetahui keinginan satu dengan yang lain hanya dengan saling melirik.
Senada, Suga menyatakan tujuh laki-laki yang memiliki pandangan hidup berbeda dan tinggal bersama bukan hal mudah. Menurutnya, banyak kesulitan yang dihadapi.


"Sulit untuk menyatukan fokus kami semua dalam hal yang sama. Namun, hal itu menjadi kenangan yang indah saat apabila diingat lagi sekarang," kata Suga.

Hal serupa disampaikan Jimin. Ia sempat merasa sulit untuk menerima dan mengerti perbedaan satu dengan yang lain di awal. Namun, ia menegaskan tak ada satu pun member yang menyerah dan terus bekerja keras.

Sehingga, BTS sekarang merupakan sebuah tim yang tiap anggotanya tak tergantikan.
BTS menjelaskan, mereka tak mendapatkan kekompakan dalam waktu singkat. (dok. Big Hit Entertainment via bts.ibighit.com)
BTS, atau Bangtan Boys merupakan boyband buatan Big Hit Entertainment yang debut pada 2013. Grup ini beranggotakan RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V dan Jungkook.

Para member mulai menjalin kebersamaan sejak 2010. Sejak saat itu mereka terus tinggal bersama hingga kini di kompleks apartemen mewah Hannam THE HILL, Hannam-dong, Yongsan-gu, Seoul.

BTS sama-sama berjuang, belajar dan saling mengerti satu dengan yang lain selama bertahun-tahun. Ketujuh anggota tumbuh dewasa dengan saling bergantung dan belajar satu terhadap yang lain.

Sebagai member termuda (maknae), Jungkook mengungkapkan pelajaran bermakna tumbuh bersama enam anggota lainnya.

"Ketika saya mengatakan atau berbuat sesuatu yang membuat orang kecewa, saya sadar harus berpikir dua kali sebelum melakukan sesuatu. Saya juga tak boleh lupa posisi saya dan situasi yang sedang dijalani," ungkap Jungkook.

RM, selaku leader, mengatakan banyak pelajaran yang telah mereka peroleh. Ia menyebut, BTS saat ini akan terus menjalin hubungan dengan baik dan di masa mendatang.

"Kami telah menghadapi banyak kontradiksi dan perbedaan. Menurut saya, hal itu bisa dilewati dengan saling mengerti dan peduli satu dengan yang lain dalam waktu lama," ucap RM.

[Gambas:Video CNN] (chri/rea)