Slipknot Batal Tampil di Knotfest, Fan Bakar Drum Evanescence

tim, CNN Indonesia | Senin, 02/12/2019 17:29 WIB
Slipknot Batal Tampil di Knotfest, Fan Bakar Drum Evanescence Slipknot membatalkan penampilan di acara Knotfest di Meksiko, yang lantas berujung pada tindak vandalisme oleh penonton. (Wikimedia Commons/Chimot Maggot Iowa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Slipknot membatalkan penampilan di festival musik mereka sendiri, Knotfest di Meksiko pada Sabtu (30/11) setelah pagar barikade roboh dan dianggap dapat membahayakan kelangsungan konser. Sebagai buntutnya, terjadi sebuah kerusuhan singkat yang malah membuat Slipknot dan Evanescence tak dapat manggung.

Evanescence yang dijadwalkan manggung sebelum Slipknot juga terkena dampak kerusakan barikade. Masalah disebut Rolling Stone bermula ketika pengaman tersebut terdorong jatuh di tengah penampilan Behemoth. Penyelenggara telah mencoba memperbaiki, namun tak dapat mengembalikan fungsi sebagaimana fungsinya.

Membatalkan konser menjadi pilihan yang akhirnya harus diambil.



"Karena barikade yang roboh dan kegagalan memperbaikinya, Slipknot terpaksa membatalkan penampilan tadi malam," cuit Slipknot melalui Twitter, Minggu (1/12).

Mereka melanjutkan, "Keamanan, terlebih keamanan penggemar dan rekan band kami, adalah prioritas nomer satu. Kami minta maaf sebesar-besarnya dan berharap kalian memahaminya."

"Jika ada suatu hal terjadi pada satu dari kalian, kami takkan dapat memaafkan diri sendiri. Juga, bila kami sungguh bisa memperbaiki barikade itu, kami bakal naik panggung," kata Slipknot, seraya sekali lagi meminta maaf.



Segera setelah pembatalan itu, beredar beberapa video yang menunjukkan vandalisme oleh penonton yang kecewa. Sebuah video amatir menunjukkan orang-orang yang memanjat panggung, meraih drum yang harusnya dimainkan oleh drummer Evanescence Will Hunt, dan membakarnya.

Slipknot kemudian mengunggah cuitan lain yang menjelaskan bahwa mereka berencana manggung pada Minggu (1/12), namun terhalang oleh situasi yang memburuk setelah insiden barikade.

"Situasi yang terjadi setelah pembatalan menyebabkan kerusakan dan menghancurkan peralatan yang diperlukan untuk manggung," ujar Slipknot.

"Barikade keamanan memang sebuah isu penting, dan telah diputuskan demi keamanan penggemar, baik Slipknot maupun tamu spesial Evanescence tidak bisa naik panggung," lanjutnya.



Evanescence mengungkapkan kekecewaan serupa melalui akun Instagram. Mereka mengunggah video pendek yang menampilkan kelima personel panggung, berjanji akan segera kembali ke Meksiko.

"Kami patah hati gagal tampil untuk kalian malam ini, Kota Meksiko. Keamanan Anda, hidup Anda lebih penting dari konser apapun! Kami mencintai kalian dan kami akan segera kembali, itu janji kami," kata vokalis Amy Lee.

[Gambas:Instagram] (rea)