Anggun Berduka Vokalis Roxette Meninggal Dunia

CNN Indonesia | Rabu, 11/12/2019 08:55 WIB
Anggun Berduka Vokalis Roxette Meninggal Dunia Penyanyi Anggun Cipta Sasmi menumpahkan rasa duka atas kepergian vokalis Roxette, Marie Fredriksson, yang meninggal dunia pada Senin (9/12). (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyanyi Anggun Cipta Sasmi menumpahkan rasa duka atas kepergian vokalis Roxette, Marie Fredriksson, yang meninggal dunia pada Senin (9/12) setelah berjuang melawan kanker.

"Lagu-lagu Roxette merupakan soundtrack kehidupan remaja saya. Terima kasih atas inspirasi dan musiknya 🖤#RIPMarieFredriksson 🖤 #Roxette," tulis Anggun melalui Instagram sembari mengunggah foto potongan koran bergambar Roxette.

Kolom komentar Anggun langsung dibanjiri ucapan duka dari para warganet, termasuk seniman sekaligus fotografer Agan Harahap.


"Yahh.. Sedih gw. Pertama beli kaset mereka di Gunung Aging Kwitang gara2 Milk And Toast And Honey," tulis Agan.

[Gambas:Instagram]

Duka ini mengalir deras setelah manajemen Roxette mengonfirmasi kabar kepergian Fredriksson. Menurut mereka, Fredriksson sudah belasan tahun mengidap kanker hingga akhirnya mengembuskan napas terakhir di usia 61 tahun.

"Maria meninggalkan warisan musik yang luar biasa untuk kita. Suaranya yang mengagumkan, kuat, dan sensitif di saat bersamaan, dan penampilan panggung yang magis akan terus diingat oleh kita yang cukup beruntung pernah menyaksikannya," demikian pernyataan manajemen Dimberg Jernberg.

Pernyataan itu berlanjut, "Namun, kita juga akan mengingat pribadi cantik dengan semangat hidup besar, seorang perempuan berhati besar yang peduli pada siapapun yang ia temui."

Dilansir CNN, Fredriksson divonis menderita tumor otak pada 2002 silam. Ia kemudian menjalani perawatan intensif.

Roxette pun terpaksa vakum selama beberapa tahun. Pada 2009, mereka mulai tampil lagi dan bahkan merilis sejumlah album, yakni Charm School (2011), Travelling (2012), dan Good Karma (2016).

Namun, Roxette tak dapat terus berjalan setelah pada 2016, dokter menyarankan Fredriksson untuk berhenti tur dan memprioritaskan kesehatannya.

Perjalanan Roxette pun berhenti setelah dimulai pada 1986 silam, ketika Fredriksson membentuk proyek musik tersebut bersama Per Gessle.

Sebelum membentuk Roxette, Fredriksson terlebih dulu menjajal proyek solo. Namun, Roxette lah yang berhasil mengorbitkan namanya ke puncak popularitas di medio 1990-an.

Duo asal Swedia itu dikenal dunia berkat sejumlah hit, seperti "It Must Have Been Love" yang menjadi lagu tema film "Pretty Woman", juga "The Look" (1989), "Listen to Your Heart" (1988), "Joyride" (1991), serta "Dressed for Success" (1988). (has/has)