Foo Fighters Tuntas Garap Album Terbaru

tim, CNN Indonesia | Jumat, 14/02/2020 07:44 WIB
Foo Fighters Tuntas Garap Album Terbaru Foo Fighters menyatakan telah menuntaskan album terbaru, meski belum ada kepastian tanggal rilis. (dok. Ringo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Foo Fighters telah menuntaskan produksi album terbaru. Sang vokalis Dave Grohl mengonfirmasi hal itu, meski ia sendiri belum tahu kapan album kesepuluh tersebut bakal dirilis.

Berbincang di The Bill Simmons Podcast baru-baru ini, Grohl mendiskusikan beberapa lagu yang membuatnya terkesan dalam proses pembuatan.

"Kami baru saja menyelesaikan membuat album," kata Grohl, melansir Kerrang.


"Dan beberapa dari lagu-lagu itu... kadang bagian terbaik terjadi dalam 45 menit saja. Lalu ada lagu lain yang - ada riff dalam album baru ini yang sudah saya kerjakan selama 25 tahun. 25 tahun lamanya. Pertama kali saya memainkannya [riff] di ruang bawah tanah saya di Seattle,"

Ia menambahkan, "Jadi kadang prosesnya butuh 45 menit, lainnya lagi sampai 25 tahun."

Selain album, Grohl mengatakan dirinya sedang menggarap dokumenter tentang menjalani tur memakai mobil van.

"Saya mewawancarai semua orang. Dan Anda akan terkejut, The Beatles pernah tur memakai mobil van, Guns 'N Roses, Metallica, U2, semua orang punya mobil van. Dan ada sesuatu tentang masa itu, kau tahu, kau memakainya [naik van] seperti sebuah lencana," tuturnya.

Bagi Grohl, van itu bukan tema utama yang ingin ia angkat. Ia menjelaskan bahwa van hanya sebagai medium.

"Lebih ke keinginan untuk melakukannya [tur menggunakan mobil van]. Seperti, kenapa seseorang mau menyerahkan segalanya, berhenti dari pekerjaan, meninggalkan rumah, meninggalkan segala hal hanya untuk mengejar impian yang belum tentu akan terwujud,"
Foo Fighters Tuntas Garap Album TerbaruDave Grohl, vokalis Foo Fighters yang beberapa tahun belakangan terjun sebagai sineas. (Wikimedia Commons/Lindsay)
"Dan kau kelaparan, terluka, dan sakit, dan kau jadi sedih, dan kau masuk penjara atau terlibat perkelahian, tetapi kau selalu sampai ke gig berikutnya. Selalu. Dan kau akan terkejut, karena semua orang punya cerita yang sama, dan itu jelas sebuah kunci menuju kesuksesan," kata Grohl.
Bukan pertama kalinya menggarap dokumenter, nama Grohl sebelumnya juga hadir di film dokumenter Sound City (2013) yang mengangkat soal studio musik legendaris di Seattle, serta mini seri dokumenter bertajuk Play (2018).

Album terakhir yang dirilis oleh Foo Fighters adalah Concrete and Gold pada 2017 silam. Setelah menjalani tur sampai 2018, setahun kemudian mereka mengumumkan kembali ke studio untuk merekam album kesepuluh.

Album Foo Fighters mendatang disebut dibuat berdasarkan lagu-lagu demo yang dibuat oleh Dave Grohl.

[Gambas:Video CNN] (rea)