Festival Film di Italia Ditunda Akibat Virus Corona

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Sabtu, 29/02/2020 08:06 WIB
Festival Film di Italia Ditunda Akibat Virus Corona Festival film Far East Film Festival 2020 di Italia yang penting bagi perfilman Asia terpaksa ditunda akibat virus corona. (AP Photo/Luca Bruno)
Jakarta, CNN Indonesia -- Far East Film Festival 2020 di Italia terpaksa ditunda untuk mencegah penyebaran virus corona. Acara tahunan tersebut awalnya akan digelar pada 24 April hingga 2 Mei diundur menjadi 26 Juni hingga 4 Juli.

Festival tersebut termasuk penting dan berpengaruh untuk pengembangan film Asia di Eropa.

Far East Film Festival biasanya diselenggarakan di Kota Udine, Italia utara, yang kuno, tepat di sebelah timur wilayah Lombardy, kawasan dengan korban paling banyak ditemukan di Italia. Pada Kamis (27/2), 650 warga Italia terinfeksi dan 17 meninggal dunia akibat corona.


"Kesehatan masyarakat adalah aset utama dan paling berharga. Situasi menuntut kami membuat pilihan yang bertanggung jawab," kata Sabrina Baracetti dan Thomas Bertacche selaku pendiri festival.

The Hollywood Reporter melaporkan penyelenggara menyatakan banyak pihak seperti Centro Espressioni Cinematografiche di Udine, Wilayah Friuli-Venezia Giulia, Comune di Udine dan Teatro Nuovo mendukung penundaan Far East Film Festival 2020.

Penundaan itu disebut memberikan tantangan logistik bagi penyelenggara dan mitra festival. Namun, situasi kesehatan masyarakat Italia memburuk dari hari ke hari. Baracetti dan Bertacche mengatakan hal itu membuat mereka tak memiliki banyak pilihan.

Festival tersebut juga selalu menghadirkan pembuat film dari Asia Timur dan Asia Tenggara yang kini amat terdampak virus corona. Hal ini membuat partisipasi dari pelaku film Asia akan amat menurun.

Mereka menyatakan rencana lebih lanjut mengenai Far East Film Festival 2020 akan diumumkan dalam beberapa minggu mendatang.

Italia merupakan negara dengan korban virus corona terbanyak, di luar kawasan Asia. Hal itu membuat sejumlah bioskop, tempat konser, museum, dan sekolah ditutup sementara.

Sejak awal pekan, lima wilayah Italia, yakni Piedmont, Lombardy, Veneto, Friuli Venezia-Giulia, dan Emilia Romagna resmi membatalkan semua acara yang akan melibatkan banyak orang dalam satu tempat.

Pada Selasa (25/2), asosiasi film ANEC memperkirakan 850 bioskop atau 1.830 layar telah ditutup akibat dampak penyebaran virus corona.

Beberapa jadwal perilisan film pun dipastikan ditunda, termasuk Hidden Away, You Only Live Once, After the Wedding, Lupin III yang diangkat dari komik Jepang, serta film komedi I Change Everything. (end/end)