Singgung Beyonce, Lagu Bollywood Dikecam karena Dinilai Rasis

CNN Indonesia | Rabu, 16/09/2020 17:53 WIB
Film Bollywood Khaali Peeli menuai kecaman setelah salah satu lagu temanya memuat lirik yang menyinggung nama Beyonce dan dinilai rasis. Singgung Beyonce dan dinilai rasis, lirik lagu salah satu film Bollywood dikecam. (Screenshot via Youtube/@Beyonce)
Jakarta, CNN Indonesia --

Film Bollywood Khaali Peeli menuai kecaman setelah salah satu lagu temanya memuat lirik yang menyinggung nama Beyonce Knowles dan dinilai bernada rasis.

"When you dance, watching you, oh fair-skinned girl, Beyonce will be ashamed [Saat kamu menari, melihat kamu, oh gadis kulit yang terang, Beyonce akan malu]," bunyi lirik yang dimaksud.

Lirik tersebut telah memicu kemarahan karena dianggap sebagai bentuk diskriminasi atas warna kulit seseorang. Karena hal itu, pembuat film pun dipaksa untuk mengubah lirik untuk kedua kalinya.


Sebagaimana dilansir CNN, perubahan pertama dilakukan karena film tersebut belum meminta izin untuk menggunakan nama penyanyi Beyonce. Untuk itu, mereka pun mengubah ejaan dari "Beyoncé" menjadi "Beyonse."

Namun, setelah muncul kritik atas lirik yang bernada rasis, bagian reff lagu tersebut kemudian diubah hanya menjadi, "Watching you, oh fair-skinned girl, the world will be ashamed."

INDIO, CA - APRIL 14: Beyonce Knowles performs onstage during 2018 Coachella Valley Music And Arts Festival Weekend 1 at the Empire Polo Field on April 14, 2018 in Indio, California.   Kevin Winter/Getty Images for Coachella/AFPBeyonce Knowles disinggung di lirik lagu film Bollywood. (Kevin Winter/Getty Images for Coachella/AFP)

Terlepas dari kontroversi ini, industri film India telah lama dikritik karena obsesinya pada kulit yang berwarna lebih cerah.

Berdasarkan laporan CNN, beberapa lagu selama dekade terakhir mengagungkan kulit cerah, yang dianggap sebagai bagian menarik dalam film.

Dalam lagu berjudul "Chittiyan Kalaiyaan," atau "Light-Skinned Wrists," seorang karakter wanita digambarkan menari mengikuti lagu yang meminta pria untuk mengajaknya berbelanja dan ke bioskop karena dia berkulit putih.

Lagu lain berjudul "Dil Dance Maare Re" yang secara terang-terangan dimulai dengan lirik, "Seeing a white face, my heart beats faster."

(bac/bac)

[Gambas:Video CNN]