Sinopsis YUNI, Film Indonesia yang Menang di TIFF 2021

CNN Indonesia
Senin, 20 Sep 2021 19:45 WIB
Berikut sinopsis YUNI, film karya Kamila Andini yang berhasil memenangkan Platform Prize di Toronto International Film Festival (TIFF) 2021. Berikut sinopsis YUNI, film karya Kamila Andini yang berhasil memenangkan Platform Prize di Toronto International Film Festival (TIFF) 2021. (dok. Fourcolors Films via YouTube TIFF)

Baru-baru ini, film YUNI berhasil memenangkan Platform Prize di ajang Toronto International Film Festival (TIFF) 2021.

YUNI menjadi film Indonesia dan juga perwakilan Asia Tenggara pertama yang memenangkan penghargaan ini sejak program Platform diperkenalkan pertama kali pada 2015.

Dalam keterangan resmi yang disampaikan pada Sabtu (18/9) waktu Toronto, Riz Ahmed selaku Ketua Juri Program Platform TIFF 2021 menyebutkan beberapa alasan film YUNI layak meraih kemenangan tersebut.


"Juri tersentuh oleh film yang membawa perspektif baru dan intim untuk sebuah cerita remaja, yang ditandai dengan struktur yang subtil, penggambaran yang indah, dan sinematografi yang halus," ujar Riz Ahmed.

Platform Prize adalah penghargaan film tahunan yang diberikan oleh Festival Film Internasional Toronto untuk film-film yang memiliki nilai artistik tinggi dan menunjukkan visi penyutradaraan yang kuat.

Tahun ini, juri Program Platform TIFF terdiri dari Riz Ahmed, Clio Barnard, Kazik Radwanski, Anthony Chen, dan Valerie Complex.

Sementara itu Kamila Andini yang menerima piala tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu film YUNI.

"Terima kasih kepada seluruh kru, pemain, produser, partner, dan seluruh pihak yang turut memperjuangkan film ini. Ini bukan hanya kemenangan untuk Indonesia, tapi juga untuk sinema Asia Tenggara!" ucap Kamila Andini dalam pidato kemenangannya.

Setelah ajang TIFF 2021, film YUNI akan melanjutkan perjalannya ke beberapa festival lain, seperti Busan International Film Festival, Vancouver International Film Festival, dan Chicago International Film Festival.

Tur tersebut akan berlangsung sambil menunggu pandemi di Indonesia mereda dan film YUNI bisa diputar di bioskop lokal.

[Gambas:Youtube]



(nly/end)

[Gambas:Video CNN]
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER