Algojo ISIS Pernah Mencoba Bunuh Diri

Ike Agestu, CNN Indonesia | Minggu, 01/03/2015 16:31 WIB
Algojo ISIS Pernah Mencoba Bunuh Diri Mohammed Emwazi diduga telah memenggal sedikitnya lima sandera Barat dalam video brutal ISIS(Reuters via SITE Intel Group)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pria London, Mohammed Emwazi, yang diyakini merupakan orang yang berada di balik topeng penjagal ISIS dan dikenal dengan “Jihadi John”, pernah mengatakan pada wartawan empat tahun lalu bahwa pengawasan dari lembaga keamanan Inggris sempat membuatnya ingin bunuh diri.

Dikutip dari RT, Mohammed Emwazi, yang diduga telah memenggal sedikitnya lima sandera Barat dalam video brutal ISIS, mengatakan kepada reporter media Mail on Sunday bahwa ia merasa seperti “orang mati“.

Cage, kelompok hak sipil Inggris yang telah memerangi program “War on Terror” negara Barat setelah peristiwa 9/11 mengklaim Emwazi mengaku pada mereka bahwa lembaga intelijen Inggris MI5 pernah ingin merekrutnya, dan sudah melacaknya sejak 2009.


Emwazi lahir di Kuwait tapi pindah ke London saat masih berusia enam tahun, bersekolah dan mengenyam pendidikan di universitas di London.

Emwazi disebut berhubungan dengan salah seorang militan asal Inggris yang bergabung dengan kelompok al-Shabaab di Somalia. Emwazi juga dilporkan memiliki koneksi dengan mereka yang bertanggung jawab pada percobaan serangan bom di London pada 2005, dua minggu setelah bom bunuh diri menewaskan 52 orang di London.

Keterangan ini menambah tekanan pada badan keamanan dan intelijen Inggris untuk menjelaskan mengapa mereka tidak bertindak setelah mencurigai Emwazi sekian lama sebelum ia melakukan perjalanan ke Suriah pada 2012. (stu)